Monday, January 16, 2017

#wajanngebut: Gulai Paha Ayam



Assalamualaikum! Masih bersemangat di tahun baru, ada sesuatu yang baru nih. Mulai tahun 2017, Dapur Ngebut bareng Hot Wajan berduet masak bareng di #wajanngebut. Mengolah bareng bahan makanan yang sama menjadi menu masakan yang gampang dan pastinya enak di lidah. Sebagai perkenalan, bahan makanan pertama adalah yang berasal dari huruf A. Apa ya... a... a... ayam! Yes, menu ayam masih jadi favorit untuk hidangan di rumah. 
Kolaborasi Hot Wajan dan Dapur Ngebut
   Menu #wajanngebut pertama adalah gulai paha ayam di Dapur Ngebut dan Ayam Cincang Bumbu Bistik di Hot Wajan. Wow, bikin ngiler pastinya! Mau ikut masak bareng juga? Yuk, saya temenin dari sini. Nanti saya numpang nyicipin :D

  Kenapa bikin gulai paha ayam? Sebenarnya, menu serupa sudah pernah saya tulis di postingan berjudul gulai ayam. Sekarang, saya mau bikin gulai ayam dengan gaya lain. Yaitu menggunakan bagian paha ayam saja. Kok pahanya doang? Soalnya penggemar paha ayam di rumah saya ada banyak! Setiap masak ayam, pasti pada berebutan minta bagian paha. Ya sudah, nih sekalian dibikin bagian paha semua, Biar nggak berantem lagi, hihihi.

   Eit, tunggu Mak. Bikin gulai kan pakai cabe? Harga cabe bukannya lagi mahal? Aduh, Buibu... percaya deh sama saya, semahal apa pun cabe pasti teuteup dibeli juga kalau memang suka dengan menu pedas. Kebetulan untuk menu gulai ini saya menggunakan cabe merah besar sebanyak 5 buah saja. Harga cabe merah besar nggak melejit, kok. Terakhir saya beli cabe merah besar seharga 4 ribu per ons dan ada tujuh buah cabai. Dipakai untuk masak gulai ini cuma lima buah saja. Nggak mahal kan?

   Oia, saya memang sengaja pakai cabe merah besar supaya rasanya tidak terlalu pedas dan anak-anak bisa menikmatinya. Buat yang ingin rasa lebih pedas, bisa diganti dengan cabe keriting. Jika merasa keberatan beli cabe keriting yang mahal, bisa pakai sedikit saja sebagai campuran bersama cabe merah besar.

   Gimana... sudah beli cabe? Yuk, mari kita mulai memasak!

Paha ayam, kelapa parut, dan bumbu gulai
  Bahan:
  • 1 kg paha ayam
  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
  • 2 cm lengkuas, digeprek
  • 1 batang sereh, digeprek
  • 1 cm jahe, digeprek
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  • 5 butir bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah besar (bisa diganti cabe keriting jika ingin lebih pedas)
  • 4 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar yang sudah disangrai
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus bersama dengan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga harum.
  2. Masukkan paha ayam, aduk rata hingga berubah warna. 
  3. Tambahkan sedikit santan, masak hingga ayam setengah matang.
  4. Tambahkan sisa santan. Masak hingga gulai ayam matang dan kuah sedikit menyusut.
  5. Sajikan hangat.
   Kuah gulai yang banyak adalah favorit saya, Jika ingin kuah gulai yang sedikit dan agak kental, masak gulai hingga kuah menyusut sesuai dengan selera. Agar ayam tidak menjadi terlalu empuk saat menyusutkan kuah, angkat dan taruh ayam di wadah terpisah dan satukan lagi selesai memasak. Ssst, dipisahnya jangan jauh-jauh ya, nanti kangen *eaa*

  Masak gulai itu kesannya ribet. Tapi setelah tahu caranya, mau masak gulai dengan cepat dan lezat itu nggak susah kok. Berikut tipsnya:


Kelapa parut 
  • Beli kelapa yang sudah diparut di warung sayur yang punya mesin parutan kelapa. Jadi, sampai di rumah tidak perlu repot lagi memarut kelapa dengan alat parutan secara manual.
  • Menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender. Ini membantu banget buat saya yang nggak pinter ngulek bumbu, hehe.
  • Bumbu halus untuk membuat gulai
  • Agar bumbu lebih meresap, sebelum memasak, lumuri ayam dengan sedikit bumbu halus. Lalu diamkan selama 30 menit atau semalaman di kulkas.
Ayam yang dilumuri dengan sedikit bumbu


   Nah, gulai paha ayam sudah jadi dan siap untuk dinikmati. Boleh ditambahkan taburan bawang merah goreng jika suka. Lengkapi dengan nasi hangat plus kerupuk. Hmm, rasanya nikmat! 

Selamat mencoba! Sampai jumpa di menu #wajanngebut selanjutnya.

Paha ayam lagi ngobol akrab :D

8 comments:

  1. Aaaaaaaa.....pahanyaaa,angkut sepiring2nya boleh???xixi

    ReplyDelete
  2. 😍 Gulainya enak banget keliatannya mbak Inna, thanks ya resepnya sayang beberapa bahannya saya nggak bisa dapatkan disini 😌

    ReplyDelete
  3. Saya juga penyuka ayam...
    perlu dicoba resep inih

    ReplyDelete
  4. dibediriin..gitu.., aduhh... paha makin mwnggoda....laper

    ReplyDelete
  5. Nyam nyam terasa sedapnya nih gulai paha ayam :)

    ReplyDelete
  6. Karena orang Minang, gulai ayam - gulai ikan khas Minang masih sering kami buat, walau harga cabe mahal, haha... Cuma memang gunain kelapanya dikit aja, biar ga kolesterol :D Paham ayam emang paporit dah :D

    ReplyDelete
  7. sambal tempe ijo nya benar2 bikin saya jadi laper ni mbak

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^