Friday, January 13, 2017

Sawi Gulung Isi Ayam + Kuah Kimlo


Halo semua! Selamat tahun baru 2017!


Tahun baru semangat baru pastinya! Saya juga bersemangat di tahun 2017 ini. Niatnya mau lebih banyak menghabiskan waktu di dapur. Maklum, saya resmi jadi emak pengangguran sejak usaha toko obat tutup pada bulan November kemarin. Sebenarnya, toko obat nggak tutup juga saya tetap harus lebih sering memasak. Sebabnya adalah anak-anak saya, my 3 boyz, sedang dalam masa pertumbuhan dan bawaaannya pengen ngemil melulu. Daripada jajan, lebih baik bikin cemilan sendiri di rumah bukan?

   Omong-omong 3 boyz, si tengah Kk Rasyad waktu liburan kemarin minta saya untuk membuat sesuatu. "Bu, bikin ini dong..." katanya sambil menujukkan gambar di kartun Webtoon yang sedang dibacanya. "Bisa. Nanti Ibu kumpulin dulu bahannya ya," senyumnya pun merekah mendengar jawaban dari saya.

   Anak saya suka membaca komik Webtoon. Diajarin si sulung Aa Dilshad yang sudah mau abege, nih. Tapi tentu saja mereka browsing komik masih dalam pengawasan saya sebagai orangtuanya. 

  Resep yang diminta Kk Rasyad dikutip dari Webtoon Lazy Cooking. Saya ikut membacanya juga. Ceritanya tentang anak kost yang kreatif memasak bahan seadanya jadi masakan yang lezat. Alat masak andalannya cuma rice cooker. Hampir mirip kayak jaman saya masih ngekost dulu. Merebus, menumis, menggoreng pakai rice cooker, hihi.

   Bikin apa? Nama resep di Webtoon: Suki-suki dengan Sayuran Gulung. Saya mengganti bahan daging cincang dengan daging ayam dan udang. Sayuran tetap menggunakan sawi putih dan wortel. Bumbu cukup bawang putih saja. Sedangkan untuk kuahnya saya sengaja membuatnya secara terpisah. Yuk, kita mulai memasak!


Bahan:


  • 1 buah filet dada ayam
  • 8-10 ekor udang ukuran sedang
  • 1 buah sawi putih
  • 2 buah wortel
  • 4 butir bawang putih
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Bahan untuk membuat sawi gulung isi ayam

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih.
2. Blender atau cincang kasar daging ayam dan udang.
3. Parut wortel.
4. Campurkan bawang, ayam dan udang, serta wortel. Aduk rata.

Adonan isi
5. Test rasanya dengan mengambil secuil adonan. Rebus sebentar. Angkat, cicipi.
6. Rebus helaian daun sawi putih sampai warnanya berubah terang dan tidak terlalu kaku.


Merebus sawi

7. Angkat sawi. Tiriskan. Diamkan sampai agak dingin agar mudah diisi dan digulung.


  Oia hampir lupa. Jangan merebus sawi terlalu matang, ya. Jika sawi menjadi empuk, saat menggulungnya jadi sulit karena mudah hancur. Selanjutnya, mari kita menggulung sawi. Are you ready? Berikut langkah-langkahnya:

1. Bentangkan sawi di atas talenan.
2. Taruh isian kira-kira sebanyak 1 sendok makan pada ujung batang sawi.
3. Gulung secara perlahan.
4. Rapikan dengan merapatkan bagian sisi daun ke tengah.
5. Selesai.


Sawi gulung sudah matang!


  Dalam versi Webtoon, gulungan sawi dimasukkan lagi ke dalam rice cooker, diberi air dan bumbu, kemudian direbus hingga matang bersama potongan wortel dan telur. Saya membuat kuah terpisah karena ingin memasukkan lebih banyak sayuran. Sekalian biar lauk di rumah saya ada banyak. 

 Untuk kuah, saya membuat kimlo dengan bakso ikan. Sayang, bahan kimlo kurang komplit karena saya tidak menemukan sedap malam dan kapri. Mau lebih enak lagi bisa bikin pakai kuah tekwan sekalian. Sekalian ribet maksudnya. Resep tekwan bisa dilihat di sini.

Membuat kuah kimlo:

Bahan:
  • 2 buah wortel
  • 100 gr jamur kuping
  • 10 helai sedap malam
  • 1 sdm ebi kering, rendam air, tumbuk halus
  • 4 butir bawang putih, geprek
  • 6 helai kapri
  • 10 butir bakso ikan (sesuai selera)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • kaldu bubuk (sesuai selera)
  • air matang
Cara membuat:
  1. Rendam jamur kuping kering di air matang. Setelah mengembang, buang bagian yang keras, potong-potong. Jika menggunakan jamur kuping basah, cukup cuci dan buang bagian yang keras saja.
  2. Rendam sedap malam di air matang. Setelah mengembang, buang bagian yang keras, buat simpul.
  3. Panaskan minyak. Tumis ebi dan bawang putih hingga harum. Tambahkan garam, merica,dan kaldu bubuk.
  4. Masukkan wortel, masukkan air, rebus hingga wortel empuk.
  5. Masukkan kapri, jamur kuping, dan sedap malam.
  6. Masak hingga semua bahan matang, koreksi rasanya.
Kimlo plus bakso ikan

Cara menyajikan sawi gulung isi ayam kuah kimlo:
  1. Tata sawi gulung di dalam mangkok.
  2. Siram dengan kuah kimlo.
  3. Udah gitu ajah.
  Kelihatannya agak ribet, ya. Tapi setelah dicoba, percayalah, ini bikinnya gampang banget kok. Cepat matang pula! Proses yang memakan waktu agak lama adalah mengukus sawi selama 30 menit. Mau lebih cepat ya pakai cara direbus seperti yang sudah saya tulis sebelumnya.

   Jreng jreng! Sudah matang! Mau tahu reaksi Kk Rasyad? Wah, dia seneng banget lho! Langsung masuk mulut ketika sawi gulung baru keluar dari dandang! "Enak, Bu!" Alhamdulillah, senang hati emak.

  Sawi gulung isi ayam jadi solusi yang tepat untuk membuat anak-anak mau makan sayur. Bentuknya yang unik dan rasanya yang lezat dijamin bikin mereka ketagihan! Coba kalau nyuruh anak makan sayur sawi putih dalam bentuk asli. Pasti mereka malas melahapnya. Nah, dengan sawi gulung ini, anak-anak bisa sekaligus makan sawi putih dan wortel tanpa harus perang dunia dulu. Maknyusss!

  Eia, satu lagi. Jika malas membuat kuah kimlo, sawi gulung ini sudah enak dimakan begitu saja sebagai lauk atau cemilan. Mau ditambah pakai saus sambal atau bumbu kacang ala siomay juga oke banget. 

Selamat mencoba ya ^_^

Sawi gulung isi ayam kuah kimlo

32 comments:

  1. Untuk adonan isinya, di rebus atau di kukus, Na?
    Eh, kalau diamati, Inna jarang pakai bawang merah, ya? Kenapa?
    Trus..itu, mangkoknya samaan #eh komen macam apa ini..hihihi... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikukus teh. mau direbus sekalian sama kuah kimlonya juga bisa.
      hehe teteh merhatiin ajah. iya, aku suka banget sama bawang putih. terutama buat masakan ala cina n itali (padahal bisa bikin pasta doang).
      pake bawang merah sering juga buat masakan khas daerah.
      horee mangkok kita samaan :D

      Delete
  2. saya gak begitu suka sawi cuma kalau yg digulung2 kayak siomay dan diberi cocolan bumbu jadinya suka. eh kok malah curhat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bentuknya memang sama dengan sawi/kol gulung yg jadi temennya siomay. bedanya di isiannya pake daging ayam campur udang :)

      Delete
  3. Wah..mau coba ah..kuah kimlonya gampang ya mba..udangnya pake basah apa bisa juga apa pake kering aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kuah kimlo pakai udang kering (ebi), mbak. nanti direndam dulu di air matang sebelum ditumbuk jadi bumbu kimlo.
      mau pakai udang basah juga bisa. tapi saya lebih suka pakai udang kering. lebih hemat :D
      ada juga yang pakai rebusan kulit udang. tapi saya kurang suka

      Delete
  4. ohh jd sebelum di gulung, berarti adonan isinya di kukus dulu ya mba.... aku jg penasaran jd nya.. kyknya enak nih, lg musim hujan makan yg anget2 berkuah gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dikukus dulu biar mateng isinya.
      yuk, cocok nih skr lagi hujan

      Delete
  5. Suka resepnya..mudah dan layak dicoba... Bisa dicocol kuah bumbu kacang juga nih kayaknya atau saus smbal biasa..jadi bisa jadi bekal sekolah

    ReplyDelete
  6. waaah kayanya enak ya.. jadi ngiler dan pengen coba

    http://jfoodsteps.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun, aku lapar mak, klo sawi isinya dimakan dg kuah sop ayam ,.oke oke aja tu kan mak?

    ReplyDelete
  8. Penampakan akhirnya ternyata dicampur sup...asli ngiler banget..terbayang segarnya..duh jadi lapaar..patut dicoba ini..

    ReplyDelete
  9. Mba Inna, aku sering buat kimlo. Tapi belum pernah makan dengan sawi is. Kapan kapan aku coba ah :)

    ReplyDelete
  10. Wow kayak kol di somay, tapi ini ada isinya. Udah ada sawi dan wortel pula. Asyik ini buat saya pemalas makan sayur :D Dicocol saus aja enak ini :D

    ReplyDelete
  11. Ya ampun lapeeeerr, menggoda banget mbak makanannya. Btw sawinya emang khusus sawi putih ya?Makasih resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sawi putih. biar gampang dibentuk n ada sedikit rasa kres2nya :D
      masama, april

      Delete
  12. kalo isiannya direbus, ancur gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan kemarin isiannya kelebihan, dikukus bentuk bola2 nggak hancur, kok.
      kalo mau langsung direbus, biar aman n ga hancur tambahin 1 putih telur di adonannya, mba.

      Delete
  13. Ya ampun enak banget ini. Selama ini taunya sawi cuma di ca. Makasih resep & tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  14. mbak itu sawinya kan udah direbus, masuk isian, terus dikukus lagi, nanti sawinya ngga kematangan ? belum lagi pas makan disiram kuah hangat kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kematangan kok. direbus awal cuma sebentar supaya ga kaku saat digulung. disiram kuah hangat jg ga apa2, asal jng direbus lagi dengan kuahnya

      Delete
  15. Terimakasih resepnya mbak, boleh dicoba nih. Aku taunya sawi ditumis atau gak di rebus kasih sambal belacan.baru tau model gini.

    ReplyDelete
  16. aaaak makasiii resepnya emaaak :) lagi bingung mau masak apa sehari-hari buat suami, nemu blog ini.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen coba bikin sawi gulug, makasih resepnya mba

    ReplyDelete
  18. Aku kalau Kimlo pasti langsung inget prasmanan di kondangan2 Mba, wkwkwk. Haish, di sini susah nyari apa-apa. Bakso ikan nggak ada, sedap malam nggak ada. Huhuhuu..Tapi sawi gulungnya boleh bangeeet ini dicoba <3

    ReplyDelete
  19. Mau coba yang sawi gulung isi ayam ah.. Simpel dan enak kayaknya ya mak..

    ReplyDelete
  20. saya kepingin bgt belajar buat bakso ikannya ini mbak

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^