Sunday, December 11, 2016

Talas Kukus Tabur Kelapa


Halo semua, apa kabar? Selamat menikmati akhir pekan yang panjang, ya. Sepertinya lagi pada sibuk jalan-jalan nih bersama keluarga tercinta atau orang-orang terdekat. Saya sendiri lagi mager (males gerak) karena nggak jadi pergi piknik. Penyebabnya adalah salah satu pasukan batal hadir. Ya sudah. Nggak enak kalau jalan nggak komplit bawa semua anak. So, mari nyumput di rumah saja :D


   Kalau lagi ngumpul di rumah, cuaca hujan adem bikin tambah mager plus laper. Harus punya stok persediaan makanan yang lebih banyak dari biasanya. Kadang saya suka bikin cemilan yang gampang aja. Sesekali beli juga cemilan yang boyz suka. Cemilan buatan saya nggak pernah pake ribet bikinnya. Tahu dong, di dapur ngebut mana pernah diem lama, haha.

   Nah, kali ini saya mau berbagi resep super gampang. Namanya talas kukus tabur kelapa. Tinggal kupas talas, lalu dikukus. Nggak usah ngulek bumbu. Bahkan parutan kelapa boleh menang nyuruh mamang sayur sekalian marut. Taruh semuanya di panci kukus. Masak sampai matang. Sambil nunggu masih bisa ngerjain kerjaan lain atau nyantai cantik (halah nyantai cantik).

   Oia, ini talas kebetulan dikasih dari kebun Kakek di Ciapus. Awalnya ada banyak dan dibagi ke tetangga dan teman-teman kantor Bapa. Setelah itu, Bapa malah pergi dinas ke luar kota. Talas sengaja saya simpan dulu sampai Bapa pulang. Berikut penampakan foto talas sebelum dimasak. Agak kisut bin sedikit layu, namanya juga sudah disimpan sekitar satu minggu. Tapi talas ini awet kok, masih bisa diolah meski penampakannya sudah tidak fresh lagi.
Talas Bogor
Yuk, kita simak bahan dan cara membuatnya. Sebenarnya mau berapa saja jumlah talas dan kelapa parut itu tergantung selera masing-masing. Jika kebetulan cuma beli dua bonggol talas juga masih bisa diolah dengan setengah kelapa parut. 

Bahan:
  • 6 bonggol talas bogor
  • 1 buah kelapa muda parut
  • garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
Cara membuat:

1. Kupas talas, cuci bersih. Potong-potong.

2. Kukus talas di dandang. 

3. Taruh kelapa parut di wadah tahan panas. Taruh di atas talas di dalam dandang.

4. Kukus selama 30 menit.

5. Angkat kelapa parut. Taburi dengan gula dan garam, aduk rata.

6. Tata talas di atas piring. Taburi dengan kelapa parut yang sudah dicampur gula dan garam.



7. Nikmati hangat sebagai cemilan sore ditemani secangkir kopi atau teh.

Selamat mencoba ^_^





24 comments:

  1. uuu tampak lezat mbak. Iya ya bikinnya mudah :D
    Patut dicoba ini

    ReplyDelete
  2. Mbak mager tp sempet masak..
    Kalo saya mah mager ya tidur.. Hahaha..
    Andai mbak tetangga sebelah rumah saya..
    Mager bareng deh (alibi buat incip2)..

    Mupeng liat fotonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mager di rumah bawaannya jadi laper. makanya masak yg gampang :D
      mari yuk kita mager bareng hehe

      Delete
  3. Het dah, sya klo mager boro2 masak enak trus poto2 yg ada puas2 bobok cantik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya sih mager kyk gitu, mba. apa daya pasukan colak-colek minta makanan. jajan mulu takut bangkrut haha

      Delete
  4. Enyak niih, tapi aku sukanya beli aja, males bikin hihihi

    ReplyDelete
  5. Kangen banget makan talas, secara tinggi gizinya dan rendah gula...asli mbak, saya kangen makan getuk talas..nyum nyum nyum

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok buruan balik ke indonesia, mbak... cari getuk talas :)

      Delete
  6. Dulu saya biasa bikin begini tp bkn talas melainkan pisang rebus. Enaaak bgt. Kapan2 pgn coba talas aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada pisang, aku juga ngukusnya bareng sama talas. jadi banyak deh cemilannya :D

      Delete
  7. daun talas enak loh mbak aku suka banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah nyoba makan daun talas

      Delete
  8. sukun bisa juga kali ya mba pakai kelapa parut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba mba. kalo udah, kirim kemari yak :D

      Delete
  9. enak nih diminum sambil ngeteh di pagi/ sore hari :D

    ReplyDelete
  10. duh talas kukus itu enak bangettt mbak, apalagi kalau dimakan waktu masih panas, yummmyy

    ReplyDelete
  11. aku sukaaa talas..enak dan gurih. Dan direbus aja udah enak ya mbaaa

    ReplyDelete
  12. Sudah gampang2 susah nih cari talas di pasar hu hu

    ReplyDelete
  13. Jadi lapar bacanya .. wkwk
    Bisa dicoba nih klaw di rumah nanti :)

    ReplyDelete
  14. Aku paling suka talas. Ngga macem-macem sih olehannya, cukup dikukus dan ditaburi kelapa yang sudah diberi garam. Euuh enak banget. Biasanya kalau ke Bogor suka pengen borong talasnya buat oleh oleh. Kripik talas juga aku suka...hehe.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^