Saturday, December 17, 2016

Fusilli Carbonara



Libur telah tiba... libur telah tiba! Hore! Hore! Hore!


  Selamat menyambut liburan anak sekolah, ya. Gegap gempita menyambut liburan belum terasa di rumah saya. Maklum, keluarga saya tidak bisa 'sembarangan' bepergian ke luar rumah. Jadi, sementara ini liburan di rumah dulu. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan untuk bisa pergi sebentar mengajak 3 boyz liburan. 

   Nah, berhubung si sulung Aa Dilshad sudah kembali dari pesantren maka jumlah pasukan riweuh jadi komplit. Tiga anak laki-laki ketuwelan. Sesekali mereka keluar untuk bermain di luar rumah. Selebihnya ya mager aja, haha. Selagi mager begini nih bawaannya bisa sering lapar. Perlu bikin lebih banyak cemilan biar mereka nggak jajan melulu. Jajan melulu kan jadi boros. Betul apa betul, Buibu?


  Buat sarapan, saya bikin fusilli carbonara. Kebetulan lagi nggak ada sisa nasi semalam di rice cooker. Mau masak nasi lagi kayaknya belum tergerak hati ini. Ya sudah, mumpung boyz masih melungker tidur di kasur, saya pun pagi-pagi ketuwelan di dapur sendiri. Saat mereka bangun, sarapan fusilli carbonara sudah siap. Masaknya nggak pakai lama. Yang bikin lama cuma ngerebus pasta fusilli aja, hehe. 

  Kenapa pasta fusilli? Kebetulan Dd Irsyad suka makan fusilli di Pizza Hut. Bentuknya yang seperti spiral ini lucu banget dan menarik bagi anak-anak. Bahkan Dd sempat request untuk minta dibuatkan fusilli saat acara ulang tahunnya di sekolah. Sayang, saya nggak dapat fusilli dalam jumlah banyak. Pasta fusilli saya ganti dengan pasta penne. Jadilah Penne saus bolognese. Sengaja pakai saus bolognese dan bukan carbonara karena disesuaikan dengan selera teman-teman Dd di sekolah (sst, takut pada nggak doyan kalau saya bikin saus carbonara). Yuk ah, kita simak bahan dan cara membuatnya. 

  Bahan:
  • 200 gr pasta fusilli
  • 250 ml susu uht tawar
  • 1 butir bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
  • 3 butir bawang putih, geprek, iris tipis
  • 1 butir telor ayam, kocok lepas
  • 3 buah sosis ayam, iris membulat
  • 250 ml susu uht tawar


  • 250 gr keju parut
  • margarin untuk menumis

  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • bubuk oregano secukupnya
Cara membuat:
  1. Rebus pasta fusilli dalam panci berisi air. Larutkan 1 sdt margarin dan 1 sdt garam. Angkat, sisihkan.
  2. Lelehkan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum.
  3. Masukkan sosis, aduk rata.
  4. Kocok telur di dalam mangkok. Tuangkan susu cair. Aduk rata.
  5. Masukkan kocokan telur dan susu ke dalam wajan. 
  6. Tambahkan garam, merica, dan bubuk oregano.
  7. Masukkan keju parut.
  8. Masukkan pasta fusilli, aduk rata dengan cepat dengan api kecil.
  9. Koreksi rasanya. Sajikan hangat dengan saus sambal botolan.

  Isi toping dari fusilli ini bisa macam-macam. Tergantung bahan yang ada. Sosis bisa diganti dengan bahan lain jika suka. Atau boleh juga ditambahkan jamur, kornet, bakso, crab stick, wortel, daging ayam, daging cincang, udang... pokoknya terserah deh. Oia, mau ditambah lagi taburan keju parut di atas fusilli juga oke. Bumbu khas itali yang saya pakai memang cuma bubuk oregano saja. Boleh juga kalau punya bumbu italiano yang lain buat penambah rasa biar makin italianoo...

   Sekian resep fusilli carbonara ala Dapur Ngebut. Selamat mencoba ^_^



18 comments:

  1. Favorite anak2ku jg nih. Tp biasanya sosisnya suka diganti jamur. Ditambah keju yg banyak. Enyaaaak

    ReplyDelete
  2. Bahan dan resepnya menarik untuk dicoba mba apalagi pas weekend bisa dinikmati sambil nonton tv bareng keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngumpul sekeluarga sambil ngemil bareng... asyik banget :)

      Delete
  3. Ini gampang banget buatnya, gak sabar pengen coba drumah

    ReplyDelete
  4. Pokonya yg ada kwjunya pasti enak, apalagi dibuat oleh mama buat anaknya lebih enak karena dibumbui cinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah jadi tambah lezat ya mak :)

      Delete
  5. aku pernah bikin juga nih, tapi... sosisnya kuganti sama bacon.

    ReplyDelete
  6. asli enak niiih..dan praktis ya mba! I can smell it from here :)

    ReplyDelete
  7. Ini kesukaan anakku pas balita. Anakku yg laki-laki dulu gak suka makan nasi. Wkwkwk makannya beginian ama roti.

    ReplyDelete
  8. Looks soooo goood ...Aku juga suka banget pasta mak..selain gampang dan nggak pake repot, juga enak...pake keju apalagi..nom nom

    ReplyDelete
  9. yummmy, coba ah kalau anak-anak pada datang liburan

    ReplyDelete
  10. Waah, ternyata gak sesulit yang aku bayangin cara bikinnya, yg penting niat emang ya, hihi.

    Jd semangat buat bikin sendiri, biar hak beli mulu. Makasih Mama yg pinter masaaak, aku intipin terus lho resep2nya. :*

    ReplyDelete
  11. liat gambarnya aja jadi laper ni... apalagi bisa nyicipin ...

    ReplyDelete
  12. resepnya mau tak coba ah dirumah

    ReplyDelete
  13. Aku juga selalu sedia pasta-pastaan di rumah. Anak-anak suka, suami suka, masaknya cepat n gampang dan kalopun ditambah sayuran anak-anak masih bakal doyan banget makannya. Anak-anakku kan rada susah makan sayuran. Nah, kalo dijadiin campuran pasta mereka tetep suka :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^