Friday, November 4, 2016

Ungkep Hati Ampela Ayam yang Praktis & Irit Bumbu



Halo, selamat jelang akhir pekan!

  Kebetulan postingan dapur ngebut dibuat pas hari Jumat, nih. Hari yang terasa singkat ini memang pas buat postingan yang ringan tapi enak. Mau santai ceritanya...

  Masih menjawab request dari teman-teman di Facebook. Ada request dari Mbak Diah Dwi Arti minta resep masakan tanpa bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, tapi bukan yang manis. Ternyata Mbak Diah yang sedang hamil ini tengah mabok. 

  Duh, enaknya bikin apa ya? Hampir semua masakan yang saya buat pasti pakai salah satu atau salah dua dari bumbu yang disebutkan. Setelah lama bersemedi, akhirnya saya ingat resep andalan dari ibu saya jika saya sedang sakit dan tidak nafsu makan, yaitu ungkep hati ampela. 

  Resep ungkep ati ampela (saya tulis tanpa h, karena lebih enakeun disebut) pernah saya tulis di sini. Sekarang, saya tulis ulang dengan sedikit pengurangan, yaitu tidak menggunakan asam dan gula merah. Spesial buat ibu hamil yang tidak kuat bumbu menyengat dan tidak ingin yang terlalu manis :)

Sudah siap? Yuk, mulai memasak!

Bahan:
  • 5 pasang hati dan ampela ayam 
  • merica secukupnya (atau sesuai selera)
  • garam secukupnya
  • 2 gelas air untuk merebus (atau secukupnya)

Ati ampela siap diolah

Ati ampela di dalam wajan

Cara membuat
  1. Bersihkan hati ampela, taruh di wajan. Lumuri dengan garam dan merica. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Jika suka rasa merica yang kuat, boleh ditambahkan lagi.
  2. Masukkan air untuk merebus. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Jika hati ayam terlihat kurang matang, tambahkan air panas dan rebus kembali higga matang.
  3. Angkat. Sajikan untuk lauk makan. 
  4. Hati ampela yang sudah diungkep ini juga bisa digoreng. Hati-hati ya, gunakan minyak goreng secukupnya dan api kompor yang kecil karena hati ampela suka 'meledak' saat digoreng.
Bumbu lain yang bisa ditambahkan:
  • gula merah (jika ingin rasanya sedikit manis)
  • air asam jawa (jika ingin ada sedikit rasa asam)
  • irisan cabe (jika ingin agak pedas)
  • kecap manis (pengganti gula merah)

  Balik lagi ke cerita waktu saya sakit dan tidak nafsu makan. Ibu saya membuatkan ungkep hati ampela yang rasanya lezat, bikinnya cepat, dan gizinya baik untuk menambah stamina badan saya yang lemas. Ungkep hati ampela cocok banget disajikan bersama dengan hidangan bubur ayam

  Selain untuk masa penyembuhan dan pendukung tumbuh kembang anak-anak, masakan ini juga cocok untuk ibu hamil. Hati ayam mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C dan B-12 yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Jika saya menolak makan ati ayam, langsung dibujuk, "Ayo, ini bagus buat nambah darah." Langsung hap deh :) 

Oke, sekian dulu postingan saya kali ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya ^_^




15 comments:

  1. Aiih ini favoritku, bumbunya yang nempel2 di wajan, kubersihkan pakai nasi panas, trus diulet2 gitu MBak. Hmm, bisa nambah nasi sampe 2-3 kali hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaa sayang banget bumbu yg nempel di wajan kalo dicuekin

      Delete
  2. Done bookmark! Ngillerrr liatnya mbak :9

    ReplyDelete
  3. Makasih mbaaak...betul-betul tanpa bawang dan sanak-saudaranya sedikitpun

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba
      sanak saudaranya disuru mudik semua :D

      Delete
  4. Laah jadi lebih ngirit nih zonder kel bawang dll ..hahaha.patut dicobaa😊😊

    ReplyDelete
  5. Gampil gak pake ribet ya mba...

    Tfs

    ReplyDelete
  6. Wah bener - bener irit bumbunya yah, cobain ah. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
  7. Dulu aku suka banget Mbak, ati ayam kek gini. Tapi bikinya aku ungkep sekalian pakai bumbu ayam goreng. Rasanya yaaa, pasti enakan bumbu ungkep ini ya...

    Lain kali aku beli dech, udah lama gak beli ati ayam

    ReplyDelete
  8. Simple banget ya. Patut dicoba nih, soalnya di rumah anak-anak pada suka ati ayam

    ReplyDelete
  9. Simpel banget bumbunya, Mbak. Jadi pengin beli ati ampela besok. Enak buat tambahan apa aja kalau saya ati ini. Makan soto tambahin ati, nasgor juga, nasi kuning juga. Lauk favorit :D

    ReplyDelete
  10. Makasih resepnya mbak, temen aku suka banget ampela ayam, tapi aku nggak hehe.

    ReplyDelete
  11. Aku suka nya ampla nya aja yaaa, kalo ati aku ngak suka hehehe

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^