Friday, October 28, 2016

Roti Bakar Isi Kornet



Halo semua! 



Setiap akhir pekan saya suka bikin sarapan yang lain dari biasanya. Maklum, Bapa dan boyz lagi santai di rumah. Tidak terburu-buru mau berangkat kerja dan ke sekolah. Akhir pekan juga kami boleh bangun siang habis tidur lagi pas subuh, hehe. Nah, sarapan versi lain apakah yang akan saya buat kali ini? Saya mau bikin sarapan roti, ah!

   Sarapan roti itu ala bule banget, ya.  Setiap hari kerja, kami sekeluarga selalu sarapan nasi. Biar kuat menghadapi kenyataan menjalani hari. Kalau masih lapar karena belum ketemu nasi, ya lanjut sarapan nasi. Biasanya pas iseng, saya bikin roti bakar oles mentega saja sudah enak. Kebetulan nih, lagi ada sisa kornet di kulkas. Lumayan buat isian roti. Jadilah roti bakar isi kornet yang lezat, hmm... 


   Postingan ini spesial untuk memenuhi request dari teman-teman di Facebook:
  • Mbak April Hamsa: resep dari bahan roti. 
  • Mbak Hairi Yanti: bekal simpel yang dimasak pagi hari.
  • Mbak Ika Hikmah Maulida: bekal kuliah.
  • Mbak Susanti Dewi dan Mbak Misfah Khairina: bekal sekolah.
  Oia, roti bakar isi kornet ini bisa dijadikan sarapan anak usia balita di atas dua tahun. Tidak usah menggunakan saus tomat agar tidak terlalu asam untuk si kecil. Tapi kalau anaknya suka dan biasa makan dengan saus tomat ya tidak apa-apa pakai sedikit saja. Sekalian untuk memenuhi request dari Mbak Grace Melia dan Mbak Langit 'Uchan' Amravati. Supaya lebih oke, saya sarankan untuk mengganti kornet dengan daging sapi atau ayam cincang. Pakai sosis atau bakso juga bisa. Dijamin lebih maknyus. Ini mah saya kebetulan saja memanfaatkan bahan yang ada di kulkas, hehe.

Yuk, kita mulai membuat roti bakar...

Bahan:
  • 8 lembar roti tawar
  • kornet setengah kaleng
  • 2 butir bawang putih, cincang halus
  • setengah bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
  • 2 sdm saus tomat
  • mentega untuk menumis
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • sejumput bubuk oregano (optional)
  • sedikit pala bubuk (optional)
  Saus tomat bisa diganti dengan saus sambal jika ingin rasanya pedas. Mau sedikit pedas bisa tambahkan sedikit saja saus sambal yang dicampur dengan saus tomat. Bubuk oregano dan pala optional. Nggak pakai juga rasanya sudah enak, kok.


Cara membuat:
  1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Masukkan daging kornet. Aduk rata. 
  3. Tambahkan saus tomat, garam, merica, bubuk oregano dan pala. Masak sebentar. Koreksi rasanya. 
  4. Oleskan 2 sdm adonan kornet ke roti tawar. Lipat roti menjadi dua bagian.
  5. Panaskan mentega di wajan teflon datar anti lengket. Bakar roti di atas teflon hingga kecoklatan. Jangan kelamaan, nanti gosong, hehe. Angkat, sajikan atau segera masukkan ke kotak bekal ^_^
  6. Untuk 8 potong roti bakar.

Roti bakar isi kornet sudah matang!

  Gimana, nggak susah kan? Mau yang lebih gampang lagi? Tapi eng... ini aliran sesat ya. Boleh ditiru kalau kepepet. Jika tidak punya semua bahan di atas, bisa mempergunakan saus spagheti siap pakai (biasa dijual dalam kemasan pouch atau botol). Tinggal tambahkan potongan sosis atau bakso atau apa saja yang ada di kulkas sebagai pengganti daging. Nggak pakai 'daging-dagingan' alias cuma diisi saus spagheti doang juga sudah enak. Beneran. 

   Okedee... sampai di sini dulu, ya. Selamat menyambut akhir pekan ^_^




18 comments:

  1. mbaaa. tambahin keju bisa ya, maksudnya gak akan merubah rasa enaknya kan? hehe... Makasih mba Inna :)

    ReplyDelete
  2. hi mba Inna,
    ide yang menarik. Jadi ingat waktu kecil kornet sering dipadukan dengan roti tawar namun sekarang sudah banyak pilihan lain. praktis bila kepepet, perlu dicoba. trmksh idenya

    ReplyDelete
  3. Pakai keju emang kayaknya menarik ya mba. Mba, kalau kornet diaduk ama telur juga enak ya mba Inna. Makasih tipsnya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pake apa aja juga enak. kalo aku bikin seketemunya di kulkas :D
      masama mba lid

      Delete
  4. Waaahhh bisa buat bekal nadia sekolah ni

    ReplyDelete
  5. Mbak, izin save resepnya yaaa 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  6. Diisi abon enak juga kali ya mba...atau sisa rendang semalam...atau sisa sate ayam wihihiii... malah kemana2 nih bahasnya. Inget suka bikin nasgor sate soalnya klo pas beli sate enggak habis, besok paginya dieksekusi. Jadi kepikiran roti bakar isi sate ;)

    ReplyDelete
  7. Kaya point terakhir kudu dicoba.pake saus spagetti we lah.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya enak banget. Saya suka makanan yang gurih. Kapan-kapan bisa dicoba deh

    ReplyDelete
  9. Wah
    Enak banget rotinya
    Jarang2 lah roti bakar isi kornet
    Mau deh nyobain buat di rumah mbak

    ReplyDelete
  10. Pakai pala bubuk juga ya, mba. Iya roti bakar pedas juga sama enaknya ya :D

    ReplyDelete
  11. Saya suka kornet tapi belum pernah dimakan sama roti. Duh, ngeces. Hehehe... Makasiiih resepnya, Mbak Inna :D

    ReplyDelete
  12. Jadi inget bekal sekolahku waktu masih SD, dibikinin roti bakar gini tp dicampur wortel sm daun bawang

    ReplyDelete
  13. Nah gini ini aku demen. Doable dan orang yang kikuk di dapur macam aku pun bisa bikin. HAHAHA. Makasi yaa, Mak Inna :*

    ReplyDelete
  14. Suka banget, apalagi kalo di cocol saos sambel

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^