Tuesday, September 20, 2016

Puding Marsanda: Kuliner Baru dari Bogor


Pada suatu hari menjelang maghrib, hujan deras yang mengguyur kota Bogor baru saja reda. Tiba-tiba, saya dikejutkan dengan ketukan di pintu. Ternyata ada seseorang yang mengantarkan sesuatu yang sedang saya nantikan: puding Marsanda! Saya kira puding  ini baru dikirim keesokan harinya setelah alamat lengkap saya berikan. Apalagi hujan deras turun cukup lama. Ternyata, meski hujan, puding tetap diantar ke rumah. Wah, senangnya! 

  Sambil melonjak kegirangan, saya dan boyz (anak-anak saya) menyambut puding cantik dalam kemasan mangkok berwarna merah muda. Saya baru menemukan ada puding yang dikemas seperti ini. Berhubung hari sudah gelap, saya menahan diri untuk tidak memakannya dulu sebelum difoto keesokan harinya. Jangan tanya seperti apa reaksi boyz yang sudah tidak sabar untuk mencicipinya. Sabar ya Nak, hehehe.

    Keesokan harinya, saya segera memotret puding cantik nan menggemaskan ini. Gemes pengen buru-buru digigit. Oia, puding yang saya terima adalah puding semangka. Berikut penampakannya...

Puding Marsanda
   Sekarang, coba dibuka tutupnya. Jreng jreng... ada semangka!

Puding semangka yang cantik!
  
  Lalu... saya bingung. Ini cara ngambilnya gimana ya? Delapan potongan semangka yang terlihat tidak segera saya ambil. Saya mengira itu adalah delapan potongan besar. Alias jika diangkat pasti dapat potongan semangka yang besar. 

  Saya mengambil pisau untuk secara perlahan mengambil satu potongan. Tiba-tiba, pluk! Satu bagian lepas! Lho, rupanya puding ini sudah dibagi menjadi potongan-potongan kecil
Praktis, tinggal diambil saja. Delapan potong pada lapisan pertama, lalu ada delapan potong di lapisan berikutnya, semua ada 32 potong! Wow, banyak juga isinya ya!

Puding yang begitu menggoda

  Duh, lihat puding yang cantik begini jadi sayang untuk memakannya. Penasaran dengan rasanya, saya langsung ambil satu. Hmm... enak! Manisnya pas! Puding yang kenyal ini terbuat dari bahan-bahan alami pilihan, yaitu agar-agar, santan, susu, gula, selasih, vanili, dan pewarna makanan.

  Penasaran, saya membalikkan mangkok untuk melihat penampakan puding secara keseluruhan. Tapi sayang, lapis pertama sudah keburu habis. Nggak tahan lagi motretnya sambil ngemil puding, hehe.

Puding semangka yang dikeluarkan dari kemasannya

   Makan puding itu bikin sehat, lho! Puding mengandung banyak serat. Serat berfungi untuk melancarkan metabolisme tubuh dan membersihkan usus. Makan puding bikin kenyang tapi nggak bikin gemuk (kecuali kalau makannya segerobak, hehe). Cocok nih buat yang lagi diet tapi pengen ngemil yang sehat.

Lapisan atas puding semangka
  Puding Marsanda adalah kuliner baru di kota Bogor. Usaha ini didirikan oleh warga Bogor bernama Iwang dan adiknya, Santi pada tahun 2015. Olahan puding yang lezat berasal dari resep keluarga yang sudah dikreasikan menjadi puding cantik dengan penampilan eye cathing yang menggugah selera.

   Mengapa diberi nama puding Marsanda? Berikut penuturan Iwang:
"Usaha kami yaitu puding yang kami beri nama ‘Marsanda’ singkatan dari keluarga adik saya yaitu Marwan (suami), Santi (adik saya, IRT), Dan Alifa (anak). Sekaligus nama tersebut ‘nebeng’ dari selebritis yang terkenal. Tujuan supaya usaha kami juga bisa terkenal dan laris. Aamiin."
Iwang dan Santi (foto: bogor.tribunnews.com)

   Pada perkenalan pertama puding Marsanda, Iwang dan Santi mengundang sahabat, kerabat dan anak yatim di rumah orang tua mereka di jalan Veteran dekat Stasiun Bogor. Berhubung mereka adalah 10 bersaudara, maka pengembangan dan pemasaran puding ini menjadi mudah. Semua ikut membantu berjualan puding. Ada yang membawa puding ke kantor dan sekolah.

   Semakin lama, puding semakin laris. Puding Marsanda kemudian memperbanyak produksinya dan berjualan secara online. Harga puding Marsanda Rp.35.000 (tidak termasuk ongkos kirim) untuk satu kemasan dengan berat 800 gr.

Kayak semangka beneran ya?

   Puding semangka yang saya cicipi adalah salah satu dari varian puding Marsanda. Varian rasa lain dari puding Marsanda yaitu:
  • puding semangka merah
  • puding semangka kuning
  • puding rainbow
  • puding buah naga putih
  • puding buah naga merah

  Puding Marsanda tidak menggunakan bahan pengawet. Puding bisa bertahan sampai 5 atau 7 hari di dalam kulkas. Tanggal kadaluarsa dicantumkan pada setiap kemasan. Puding ini juga sudah mengantongi sertifikat dari Dinas Kesehatan dan sertifikat TDI (Tanda Daftar Industri). 

  Rumah produksi puding Marsanda ada di Jalan Veteran seberang Bogor Trade Wall (BTW) di Gang barjo, Kecamatan Bogor Tengah. Ke depannya, Iwang bercita-cita ingin memiliki outlet atau kios puding Marsanda agar bisa menjadi kuliner khas Bogor yang makin dikenal banyak orang. Keren! Semoga makin sukses dan lancar untuk usaha puding Marsanda.

Mari silakan pudingnya kakaa...

  Buat yang penasaran pengen nyobain puding enak ini, bisa hubungi alamat media sosial berikut:
  • Website : www.pudingmarsanda.com
  • Facebook : puding.marsanda
  • Twitter : pudingmarsanda
  • Instagram : pudingmarsanda
  • Email : puding.marsanda@yahoo.com
  Sebagai penutup, mari kita saksikan bagaimana reaksi ketiga anak saya, Aa Dilshad, Kk Rasyad, dan Dd Irsyad saat menyantap puding Marsanda ^_^

3 boyz suka puding Marsanda

43 comments:

  1. waah hebat, dan menarik pudingnya, jadi pengen nyoba. semoga puding masrshanda ini bisa menjadi oleh2 khas kota bogor, seperti oleh2 bogor lainnya yang sudah tenar :)

    ReplyDelete
  2. Saya juga berharap, Bogor punya jajanan khas lagi. :)

    ReplyDelete
  3. Pas diposting di FB aku udah penasaran ini puding bentuknya ngegemesin banget! Tapi jadi kepikiran, warnanya nggak terlalu menor yak? Tapi semoga gak terlalu banyak pewarnanya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sengaja diberi pewarna biar eye cathing. insha Allah pewarna makanannya aman :)

      Delete
  4. Mak aku kirain ini semangka loh, dari nama dan bentuknya uda unik dan bikin penasaran... jadi pengen nyobain juga nanti klo ke Bogor :)

    Salam kenal mak :)

    ReplyDelete
  5. Gemezzz bgt pudingnya mbak inna. Semoga segera ada di mall mall yah dan bisa dititip di tempat oleh oleh bogor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga nanti ada di mana2... biar gemeznya terlampiaskan :D

      Delete
  6. Waaaa... Go to instagram mereka ah

    ReplyDelete
  7. Cantik bangeet yaa pudingnyaaa.. penasaran pengen tau rasanya.

    ReplyDelete
  8. aku kirain awalnya semangka beneran, tapi ternyata puding. maauuuu dong

    ReplyDelete
  9. Ya ampun Mbak Lucunyaaa puddingnya. Jd inget dulu pas kecil di Malang ada toko yg jual es krim bentuknya semangka utuh kaya gini persis. Gemes!

    ReplyDelete
  10. Liat penampakan pudingnya memang bikin ngiler ya..
    Kebayang, itu 3 jagoan harus nahan diri, gak makan hingga besok harinya hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh... kebayang kan kayak apaa hahaha

      Delete
  11. Kemudian mikir, itu idenya kreatif bener. Setelah puding rainbow ngehits. Muncul si puding Marsanda yang gk kalah ngehitsnya hahaha.

    ReplyDelete
  12. wah, lucu pudingnya. Jadi pengen :)

    ReplyDelete
  13. Aiih capek bangeet pudingnya :D bisa bikin sendiri ga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bikin sendiri, asal yg rajin ya :)

      Delete
  14. Aduuh, aku kepingin pudingnyaaa. Toloong. Kirim ke serang bisa ngga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dihubungi kontak di medsosnya, mak. biar dikirim langsung ke serang :)

      Delete
  15. wuiiiihhh kereeenn. Pudignya bisa persis gitu yaa. Jadi penasaran yg buah naga

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg buah naga bintik2, mak. kayak polkadot. unyu deh :)

      Delete
  16. Lucu banget pudingnya, beneran mirip semangka, keren detailnya.

    Asal jangan terkenal bermasalah kayak si artis aja ya mbak, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa moga ga ngeselin kayak si artis

      Delete
  17. Asli menggoda iman dan peruut iniiii MAak!!

    Mau atulah nyomot 2 aja :D

    ReplyDelete
  18. Namanya unik, kirain nyomot nama artis ternyata singkatan nama keluarga pemilik. Kemasannya juga menggoda selera banget, colorfull. Apalagi buat aku penyuka semangka, puding ini mah bikin mupeng.

    ReplyDelete
  19. Cakep banget pudingnya. Terus saya ngebayangin cara mencetaknya, wkwkwk, nggak telaten saya.
    Moga sukses usahanya. Gak penasatan lagi sama puding Marshanda. Dari kemarin liat di IG.

    ReplyDelete
  20. Cantiknya...sayang buat dimakan. Eh tapi anakku suka banget puding. Coba ah

    ReplyDelete
  21. Pudding ya asli cantiiiik.. Sayang makannya ya mbaa

    ReplyDelete
  22. Puddingnya cantik banget deh! Kapan-kapan mesti ke sana nih, mau nyobain asli!

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  23. Aku mau pesen langsung dtng kesana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa mbak. langsung aja hubungi no kontak yang ada di website atau akun medsosnya

      Delete
  24. Mau ah pesan langsung puding semangka. Anak pasti doyan nih mba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^