Monday, August 15, 2016

Membuat Bento untuk Acara Ulang Tahun Dd Irsyad di Sekolah


Tanggal 6 Agustus 2016 kemarin, Dd Irsyad tepat berusia 6 tahun. Sesuai rencana, Dd mau merayakan ultah bersama teman-teman di sekolah. Sempat dikira tidak jadi, saya santai saja tidak memesan tanggal pada Bu Guru. Jelang hari H, Dd ternyata benar-benar ingin ultah di sekolah. Bilang ke Ibu Guru, ternyata tanggal ultah sudah dibooking oleh anak lain. Jadilah acara mundur 2 minggu kemudian. Beruntung, dua hari kemudian ada anak yang batal merayakan ultah. Jadi, acara ultah Dd bisa diadakan pada tanggal 12 Agustus. Cerita lengkap tentang ultah Dd Irsyad bisa dibaca di postingan ini: Ulang Tahun Dd Irsyad di Sekolah


   Sekarang saya mau cerita tentang persiapan memasak untuk acara ultah. Mau bikin apa? Setelah ngintip perayaan ultah sebelumnya, saya putuskan untuk membuat bento untuk anak-anak. Berangkat ke pasar Bogor untuk membeli kemasan bento dan nugget. Sampai di rumah, kemasan bento ternyata jumlahnya kurang satu! Seharusnya satu pak ada 50, Duh, nyesel juga tidak menghitungnya terlebih dahulu. Kalau harus balik lagi rasanya kok males.
Wadah bento dari plastik
   Beruntung saya dapat info kalau untuk para ibu guru di sekolah tidak perlu dikasih bento. Biasanya mereka dibuatkan nasi kotak dengan menu orang dewasa. Jumlah anak-anak di sekolah yang terdiri dari dua kelas TK B adalah 43 anak (termasuk Dd). Jadi, bikin 49 bento saja sudah banyak dan bisa dibagikan pada anak tetangga dan anak-anaknya ibu guru.

Jepretin dus nasi kotak
   Mikir... bikin nasi kotak buat bu guru? Duh, jadi nambah kerjaan dong! Perasaan udah riweuh mau bikin 49 bento. Ini ditambah 8 nasi kotak? Hmm, sekalian aja buat dibagiin ke tetangga kiri-kanan, bikin jadi 20 nasi kotak. Sanggup nggak? Saya pun menantang diri sendiri untuk mengerjakan semuanya. Pasti bisa!

   Saya sengaja mencicil kerjaan biar nggak riweuh. Membereskan bingkisan snack untuk anak-anak sudah beres. Tinggal nyicil masak, nih. Sehari sebelumnya, saya sudah beres mengungkep ayam untuk nasi kotak. Sekalian menggoreng emping dan membungkusnya biar nggak masuk angin. Masuk angin? Kerokin aja! Hihihi...

Emping goreng
Jualan emping? :D
   Jreng jreng...! Hari yang dinanti pun tiba. Saya mulai nangkring di dapur setelah shalat subuh. Iya, saya kesiangan. Selama satu jam saya pun memasak sendiri. Disambi mengurus Kk Rasyad dan Dd Irsyad yang hendak berangkat ke sekolah. Mondar-mandir di dapur ceritanya.

  Mau masak apa?Ini yang akan saya buat di dapur dengan bantuan dari Mak Onih (art pulang-pergi yang bekerja di rumah) dan Mbak Titin (pegawai di toko obat yang masuk pagi demi bantuin masak). Cuma bertiga??? Yup. Untunglah kami dapat bantuan dari tetangga Mama Ari yang datang selama 30 menit buat nyetakin nasi, Mama Hisyam dari TK yang bantu menata bento, dan Eyang yang juga ikut menata bento. Semua dikerjakan dari pukul 5.30 dan selesai tepat pukul 9.30! Jangan tanya betapa ngebutnya kami di dapur! 

Berikut rincian masakan yang akan dibuat:
  • Membuat bento isi nasi, nugget, bakso ikan, mie goreng sayuran, jelly, dan hiasan daun selada. Tadinya saya mau bikin chicken teriyaki dan acar ala hokben. Tapi nggak jadi karena itu dijamin lebih heboh persiapan dan bikinnya.
  • Membuat nasi kotak isi nasi, ayam goreng, mie goreng, capcay, sambal, dan emping. Disesuaikan ya dengan selera orang dewasa, hehe.

Rebus mie dan masak nasi
Langkah yang dikerjakan:
  1. Memasak nasi menggunakan magicom dan dandang. Nasi diaron dulu sebelum dikukus di dandang.
  2. Sambil mengaron dan kemudian memasak nasi, saya merebus mie untuk mie goreng. Dalam foto, saya merebus mie dengan menggunakan pasta cooker biar nggak perlu repot meniriskan mienya.
  3. Jangan biarkan kompor menganggur. Beres memasak nasi dengan dandang bagian pertama, saya memasak nasi lagi dengan dandang kedua. Tentu saja, dengan mengaron nasi terlebih dahulu.
  4. Sambil memasak nasi, saya merebus bakso ikan. Masih menggunakan pasta cooker, biar cepet. 
  5. Sementara saya memasak bakso ikan, Mak Onih menyiangi sayuran untuk capcay dan mie goreng.
  6. Sambil menunggu bakso matang, saya membantu Mak Onih dengan memblender bumbu yaitu bawang putih. Iya, bawang putih doang untuk membuat capcay dan mie goreng ala resto china.
  7. Mbak Titin datang. Saya langsung memintanya untuk menggoreng nugget menggunakan satu kompor Eyang di rumah sebelah (rumah saya dan rumah Eyang bersebelahan). Tiga kilogram nugget pun langsung dibawa Mbak Titin untuk dimatangkan. Sambil menunggu nugget matang, Mbak Titin menyapu dan mengepel rumah Eyang. Mengambil alih pekerjaan harian Mak Onih. 
  8. Mama Ari datang. Beres dengan bakso ikan, saya dan Mak Onih memasak mie goreng. Kebetulan nasi di magicom dan dandang kecil sudah matang. Sambil bolak-balik ke dapur, saya juga membantu Mama Ari mencetak nasi untuk bento dan nasi kotak.
  9. Mama Ari pergi untuk jaga toko miliknya. Melanjutkan menghias bento dengan daun selada sebagai alas nasi. Oia, mencetak nasi dibantu dengan plastik membuat kerja lebih cepat karena nasi mudah dibentuk dan didorong keluar. Ini Mama Ari yang ngajarin. Saya baru tahu lho. Maklum, nggak punya pengalaman bikin nasi kotak.
  10. Mencetak nasi dengan bantuan plastik
  11. Eyang datang dan membantu mengisi nugget dan bakso ikan ke bento. Bento saya jejerkan di atas tempat tidur di kamar depan dan tengah. Sambil menyalakan kipas angin, supaya nasi cepat dingin dan bento bisa ditutup.
  12. Mama Hisyam datang membantu Eyang menata bento di kamar depan. Saya juga menata bento di kamar tengah. Sementara itu, mie goreng sudah matang. Lanjut memasak capcay dan membuat sambal yang saya serahkan kepada Mak Onih karena saya riweuh mengepak bento.
  13. Pukul 10.15 semua hampir beres. Saya bergegas mandi dan berdandan cukup lima menit saja. Tepat pukul 10.30 semua bento sudah ditutup dan masuk ke plastik besar. Siap untuk diangkut naik Grab car yang saya pesan. 
  14. Nasi kotak belum selesai. Driver Grab saya minta untuk menunggu. Saya membawa 10 nasi kotak (8 untuk Bu Guru dan OB, 1 untuk Mama Hisyam, dan 1 untuk Mamang ojek langganan). 12 nasi kotak yang belum beres memang untuk dibagikan ke tetangga (termasuk Mama Ari), jadi saya tinggal saja di rumah dan membiarkan Mak Onih dan Mbak Titin yang membereskan kerjaan mengisi nasi kotak.
Bento for kids

Menata bento
Nasi kotak untuk Ibu Guru
  Berangkat dengan Grab Car hanya dengan tarif Rp.10.000 saja menjadi taruhan buat saya. Emang ada yang mau nganterin dari rumah ke sekolah yang jaraknya dekat itu? Alhamdulillah, setelah lama cari driver dan ada yang ngebatalin, akhirnya saya dapat driver yang bersedia mengantar ke sekolah. Sebelumnya diajak ambil kue ulang tahun dulu. Terus, mau bantuin angkat dan nurunin barang dari mobil ke sekolah. Tentu saja saya nggak kasih fee sekian. saya tambahin jadi Rp.25.000. Makasih ya, Pak.

   Ulang tahun Dd Irsyad berlangsung meriah. Dd langsung sumringah melihat saya datang bersama kue ulang tahun bertema Angry birds kesukaannya. Kue ini dipesan dari istri teman Bapa yang punya usaha membuat kue. Kebetulan, rumahnya masih satu komplek. Jadi nggak repot saat memesan dan mengambilnya.

Dd Irsyad dan kue ulang tahun Angry birds

Kue tampak dari atas

   Harga kue ini Rp.180.000 saja. Ukurannya kalau tidak salah 18 cm. Sengaja tidak pakai fondant karena Dd Irsyad lebih suka krim. Kalau pakai fondant, pilihan model kuenya lebih cute. Nggak apa-apa. Ini juga sudah bagus banget menurut saya. Semoga kapan-kapan saya bisa bikin kue ulang tahun sendiri, aamiin. Oia, isi kuenya black forest. Rasanya enak. Selesai acara, sisa kue dibawa pulang. Asyiikk...

Kue ultah Dd yang sudah dibagi
   Sampai di rumah, saya langsung membagikan nasi kotak dan bingkisan ke tetangga di sekeliling rumah. Lega rasanya. Capek dan saya pun langsung mengajak Dd Irsyad makan siang. Makan bento pastinya. Dd langsung menghabiskan bentonya dengan lahap! 
Makan bento!
    Kebetulan ada sisa nasi kotak. Langsung saya makan. Untuk makan malam, kami kehabisan capcay. Jadi tidak ada sayuran yang tersaji. Putar otak, saya lihat masih ada sisa bakso ikan dan sayuran bahan capcay. Saya ambil sawi hijau dan direbus dengan bawang putih, garam, kecap ikan, kecap asin sedikit, dan merica. Jadi deh, menu makan malam berupa sayur sawi hijau bakso ikan. Nyam nyam...

Sayur sawi hijau bakso ikan 

   Senangnya acara ultah Dd berlangsung lancar. Saya brehasil membuat bento dan nasi kotak dalam jumlah banyak. Masak banyak untuk arisan dan pengajian mah saya sudah bisa. Tapi bikin makanan yang dikemas ini nih, lebih riweuh! Buat pengajian atau arisan, setelah matang tinggal disuguhkan dan tamu mengambil sendiri dengan piring atau mangkok. Lha ini bikin nasi kotak harus mengemas dulu. Apalagi bikin bento, kudu ada acara menghias segala. Segini masih bento sederhana, nggak pakai nori atau hiasan krentilan yang bikinnya memakan waktu. 

   Alhamdulillah, beres acara ini berarti keterampilan saya bertambah. Pelatihan super ngebut di dapur telah diuji kali ini dan lulus. Sudah bisa masak nasi kotak. Boleh deh nanti kalau ada hajatan lagi nggak usah pesan dan bikin sendiri. Setelah berhitung, modal untuk membuat satu bento (termasuk kemasannya) nggak lebih dari Rp.12.000 saja. Lebih hemat biaya kan? ^_^

41 comments:

  1. Huwaaaa masak untuk sebegitu banyak org sendirin mbak? aku msh blm sanggup hehehe

    Waaah mau donk kuenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sendirian, riweuh atuh :D
      kuehnya abis sama Dd, Ateu April :D

      Delete
  2. Waaahhh mama Inna kreatif. Kayaknya bisa ditiru nih nanti buat ultah Narend. Dari kemarin aku bingung mau coba buat bento mulainya darimana :)
    Makasih tipsnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masama Mama Narend :*
      Asikk Narend mau ultah. Makan makaan :D

      Delete
  3. kue tarnya murah huhuhu. ini usaha bikin semua dulu wkwkwk*tetep pengen bikin sendiri semua xD. Secara kueku ga banyak emang cuma macem2 xD

    selamat ulang tahuuunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa dirimu mah jago bikin kueh. kalo aku enggak :D

      Delete
  4. kue tarnya murah huhuhu. ini usaha bikin semua dulu wkwkwk*tetep pengen bikin sendiri semua xD. Secara kueku ga banyak emang cuma macem2 xD

    selamat ulang tahuuunn

    ReplyDelete
  5. Bikin 50 bento butuh berapa kg beras ya Mak? Ultah Rayyaan bln Okt barengan mamanya pas hamil 7 bulan hehe. Ga ngadain acara cm as usual mau kirim2. Pas di Manado bikin cm bwt bbrp tetangga jd ga banyak. Klo di sini ditung2 ada 50 kotak yg mesti disiapin. Meski bisa beli di warung Padang tp lebih lucu klo.buat bento sendiri. Di warung Padang kan nasi kotak.biasa heheh. Btw happy Bday ya kakak Irsyad. Semoga + sehat, cerdas, soleh, dan kuat aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beras untuk semua 49 bento n 20 nasi kotak kalo ga salah ngabisin 5kg. lupa itungannya, soalnya pake takeran berasnya 10 kali kaleng sarden ukuran gede.
      wah asik...rayyan mau ultah. iya, bikin bento aja. kalo bento nasinya ga usah banyak2 (ga sebanyak nasi kotak) namanya juga buat anak2.
      aamiin, makasih mama rayyan. moga mama rayyan n debaynya sehat terus yaa

      Delete
  6. idenya sangat kreatif mama ini, aku mau bikin seperti ini lah.hehe selamat ulang tahun..

    ReplyDelete
  7. Aku pernaah mbaa. Masak buat anak pas ulang tahun. Dua anak satu tahun dirayain. Tapi seru juga sih mbaa. HIhiii
    Salut deh emak-emak emang selalu ingin membahagiakan anaknya yaa mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiii pasti seru banget itu.
      hihi iya, apa pun demi anak ya mbak... sayang anak sayang anak

      Delete
  8. Wah keren baksonya lucu, jd ingin bkn juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. baksonya tinggal rebus aja, praktis n anak2 suka krna lucu :)

      Delete
  9. Coba mak ina tinggal di semarang aku mo pesen lah buat ultahnya nadia. Unyu banget bentonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. delivery ahh... haha nggak mungkin yak :D

      Delete
  10. keren, rajin banget mamak ini, bakso ikannya bagus banget loh..., saya sampe ngos-ngosan bacanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak...
      ngos2an? apalagi saya yg ngerjainnya :D

      Delete
  11. Keren bgt masak sendiri...
    Met ulang taun ya dd irsyad :)

    ReplyDelete
  12. Paket nasi sama bolu ultahnya cakep, mak. Aku mah taunya nyicip aja, kalau disuruh bikin keburu males duluan hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg sebenernya males hihi tapi demi anak apapun dijabanin :D

      Delete
  13. Selanjutnya pasti banyak pesanan. Bakso ikannya lucu, saya belum pernah melihatnya. Beli dimana? Saya juga baru tahu kalau ada pasta cooker. Eih ketauan jarang masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampuun mak, sayah tidak terima pesanan dulu :D
      iya idem baru lihat jg bakso ikannya. makanya langsung beli pas liat di jl.suryakencana bogor

      Delete
  14. mazing abnget masak begitu banyak, wak kalau aku bisa stres

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngerjaiinnya emang lumayan bikin stress, hihi

      Delete
  15. happy birthday yaaa ..dan bentonya luar biasa bangeeet mak

    ReplyDelete
  16. Sayur sawi hijau bakso ikan nya luucuuuuk :D
    seru pasti ya mbak, kalo bikin sendiri bento untuk ana apalgi utk acara ultahnya dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru, capek, tapi seneng n puas :)

      Delete
  17. Bakso ikannya lucu, bentonya cakep. Keren deh, kebayang riwehnya. Saya udah pernah juga bikin untuk 50 porsi, tapi nggak dalam bentuk bento, nasi kotak aja :)

    ReplyDelete
  18. Dari td penasaran, hewan lucu2 itu apa yah? Bakso ternyata, ihh kereenn Mbak bentonya, jadi pengen jugaa bisa buat bento. Apalagi InsyaAllah ntar lagi Faraz ultah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk ayoo bikin buat ultahnya faraz

      Delete
  19. Yang paling jago membuat Bento ya Bang Iwan Fals :D
    PUBLIC SPEAKING SEMARANG
    Becanda, mantab dah tipsnya bisa buat bento sendiri , jadi lebih hemat

    ReplyDelete
  20. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete
  21. mba baso ikannya koq bisa warna gitu pake apa ya?

    ReplyDelete
  22. baso ikannya jadi warna gitu pake apa ya bun??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah jadi begitu pas beli. bentuk2 binatang dg warna

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^