Monday, May 16, 2016

Soto Mie Khas Bogor


   Halo semua! Pada akhir pekan kemarin, saya mencoba masak sesuatu yang sudah lama bikin penasaran, yaitu soto mie! Saya tidak pernah bosan menikmati kuliner khas Bogor yang satu ini. Sejak pindah ke Bogor, makan soto mie jadi hobi baru. Mau untuk sarapan, makan siang, bahkan makan malam sekalipun rasanya tetap nikmat! 

    Suatu hari, tetangga depan rumah saya yang mengirimkan semangkuk soto mie buatannya. Meskipun penampilannya tidak secantik soto mie yang dijajakan di pinggir jalan, tapi rasanya enak banget! Apa karena yang gratisan itu lebih nikmat ya? Hahaha!

Soto mie kiriman tetangga
   Gara-gara kiriman gratis tersebut, saya jadi tertantang untuk mencoba membuat soto mie juga. Lama tertunda, saya belum sempat mengeksekusi 'niat mulia' tersebut. Nah, baru deh kemarin saya sempatkan diri untuk berburu bahan masakan soto mie. Ternyata bahannya tidak sulit diperoleh. Kecuali mie kuning yang kebetulan habis di tukang sayur dan saya ganti dengan mie telor biasa. Yuk, kita mulai memasak!

Bahan:

  • 250 gr tetelan sapi 
  • 250 gr kikil sapi 
  • 1 bungkus mie kuning basah (bisa diganti mie telur) 
  • 1 bungkus kecil bihun atau soun
  • 200 gr tauge
  • kol seperenam bagian 
  • 2 lembar daun salam 
  • 3 lembar daun jeruk 
  • 1 batang serai 
  • 3 cm lengkuas 
  • 2 cm jahe 
  • minyak goreng untuk menumis 
  • 1,5 liter air (bisa ditambahkan jika kurang)


Bumbu halus:

  • 4 butir bawang putih 
  • 9 butir bawang merah 
  • 3 butir kemiri 
  • garam secukupnya 
  • merica secukupnya 


Pelengkap: 

  • risol isi bihun 
  • 1 buah tomat merah, potong delapan bagian 
  • bawang goreng 
  • sambal cabe rawit
  • jeruk limau secukupnya
  • acar (baca cara membuatnya di sini)
  • emping atau kerupuk 


Cara membuat soto mie:

  1. Rebus mie dan bihun atau soun secara terpisah hingga matang. Angkat, sisihkan.
  2. Rebus daging hingga empuk. Angkat, potong kecil. Sisihkan.
  3. Rebus kikil sapi selama 10 menit. Angkat, potong kecil, sisihkan. 
  4. Rebus tauge sebentar dalam air mendidih. Angkat, sisihkan.
  5. Iris tipis kol, rebus sebentar dalam air mendidih. Angkat, sisihkan.
  6. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan jahe. Tumis hingga aromanya tercium dan bumbu matang.
  7. Masukkan kuah rebusan daging. Masukkan daging dan kikil. Masak hingga semua bahan matang. 
  8. Koreksi rasanya. Matikan kompor. Soto mie siap disajikan.
  9. Tata dalam mangkuk: mie dan bihun/soun, tauge, kol, tomat, dan risol yang sudah dipotong.
  10. Taruh daging dan kikil sapi beserta kuahnya.
  11. Sajikan hangat bersama pelengkapnya.
   Soto mie belum lengkap tanpa risol goreng. Saya pernah mencicipi risol goreng yang bentuknya kecil dan lebih renyah karena isinya cuma sedikit. Tapi kebanyakan soto mie yang saya temui memakai risol berukuran besar dengan isi bihun yang lebih banyak. Risol tersebut biasanya dipotong menjadi empat bagian. Lebih enak yang mana? Pakai risol apa saja tetap enak buat saya :)

   Jika tidak ingin repot membuat risol, ada risol siap pakai yang dijual di tukang sayur. Satu kemasan (kalau tidak salah) berisi 10 buah risol siap goreng. Saya tidak tahu apakah risol siap goreng ini hanya ada di Bogor atau tersedia di kota lain. Jujur, saya belum pernah membeli risol instan tersebut. Saya lebih suka membuatnya sendiri. Alasannya karena kualitas bahan masakan buatan sendiri lebih terjamin dan tanpa pengawet buatan. Lebih sehat pastinya dong.

   Bagaimana cara membuat risol goreng untuk soto mie? Caranya cukup mudah. Isinya juga cuma bihun atau soun saja. Nggak usah terlalu ramai, nanti pusat perhatian bukan ke soto mie, tapi pada risolnya. Hehe, bukan begitu juga deng. Ya nggak enak aja kalau isi risolnya terlalu ramai. Mau bikin soto mie udah keburu riweuh duluan sama isian risol, hihihi.


Cara membuat risol soto mie:


Kulit lumpia dan soun untuk membuat risol
  1. Siapkan bahan: 10 lembar kulit lumpia siap pakai, 2 bungkus bihun atau soun ukuran kecil, garam secukupnya. Dalam resep ini saya menggunakan soun.
  2. Rendam bihun atau soun dalam air panas hingga mengembang. Angkat, tiriskan, lalu sisihkan.
  3. Buat isi risol: aduk rata bihun atau soun dengan garam dan merica.
  4. Ambil satu sendok makan adonan isi. Lipat seperti amplop, gulung risol. 
  5. Rekatkan ukung risol dengan air matang sebagai lem. Tekan lembut hingga menempel. Sisihkan.
  6. Panaskan minyak goreng. Goreng risol dengan api kompor ukuran sedang hingga kecoklatan. Angkat, sisihkan.
  7. Potong risol menjadi empat bagian dan tata dalam mangkuk soto mie.
Risol tinggal digoreng
   Saya punya tips supaya risol tidak mengandung banyak minyak dan tetap renyah dalam waktu yang cukup lama. Caranya adalah: setelah diangkat dari penggorengan, taruh risol di atas saringan minyak selama beberapa menit. Agar minyak di dalam risol berkurang, tata risol dengan menaruhnya seperti berdiri di atas mangkuk yang sudah dialasi oleh tisu. Lihat contoh:

Cara mengurangi minyak pada risol


Cara membuat sambal soto mie:

  1. Siapkan bahan: 10 buah cabai rawit merah dan sedikit garam untuk menghaluskan.
  2. Tumbuk halus cabai. Pindahkan ke mangkuk kecil.
  3. Siram mangkuk sambal dengan kuah soto mie. Aduk rata. 

   Percobaan pertama saya membuat soto mie ini sukses! Alhamdulillah, rasa soto mie buatan saya lumayan mirip dengan soto mie yang biasa dijual di pinggir jalan. Rasanya memang sedikit berbeda karena soto mie buatan saya tidak menggunakan penyedap rasa. Meskipun agak berbeda karenan kurang gurih, soto mie buatan sendiri tanpa penyedap rasa lebih aman dan menyehatkan bukan?

Soto mie bersama acar sebagai pelangkap
    Setelah berhasil bikin soto mie, saya jadi penasan ingin mencoba memasak sendiri kuliner khas Bogor yang lain. Enaknya bikin apa ya? Tunggu postingannya di blog Dapur Ngebut. Selamat memasak!

Soto mie khas Bogor

9 comments:

  1. Wah, enak banget nih, pengin nyoba mba :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya enaak ini mbak :9

    http://rusydinat.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Yang aq suka dari soto bogor adalah kikil dan risolesnya kekekekek

    ReplyDelete
  4. Seger banget..bumil jd lapeerrrr

    ReplyDelete
  5. Waahh...kesukaan saya. Pas banget lagi pengen makan yang beginian..eehh ada resepnya...Next project nih: Soto mie! ^,^

    ReplyDelete
  6. seger seger seger...sy pesen ini aja deh klo ke Bogor hehehe

    ReplyDelete
  7. saya suka sama soto mie, dan kayaknya akan lebih afdol kalo bikin sendiri :) makasih resepnya mba inna :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^