Wednesday, May 11, 2016

Garlic Bread dari Roti Tawar

garlic bread dari roti tawar


Masih edisi sayuran hidroponik, nih. Duh kelamaan bener sambungannya, Mak. Maaf, saya lupa menaruh fotonya di mana. Ternyata ada di hp Smartfren Andromax. Maklum, kalau malam hari di dalam ruangan memang susah banget dapat hasil foto yang bagus. Anehnya, dari semua hp, cuma si Andromax ini yang rada mendingan buat motret dengan cahaya minim. Haih, bukan promosi ya. Harap maklum kalau foto pada postingan ini seadanya ya.

    Masih ingat postingan sebelumnya tentang tumis sawi sendok hidroponik? Nah sekarang saya mau berbagi resep dari sayuran hidroponik juga, yaitu seledri hidroponik. Seledri ini saya dapat dari Ibu Erni pada acara pengajian sekaligus belajar menanam sayuran hidroponik


Oleh-oleh sayuran hidroponik

   Begitu sampai di rumah, semua tanaman langsung saya taruh di wadah berisi air. Tidak lama kemudian, seledri saya mutilasi untuk disulap mejadi garlic bread dari roti tawar. Mau tahu cara membuatnya? Gampang lho! Anak-anak juga bisa diajak ikut memasak. Mereka paling suka bagian mengoles roti dengan margarin juga menempel toping roti dengan bawang dan seledri. 

Kk Rasyad dan Dd Irsyad ikut membantu di dapur
Bahan:
  • 5 lembar roti tawar, potong menjadi empat bagian (atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
  • 3 batang seledri
  • margarin secukupnya
  • sedikit bubuk bayleaf untuk taburan (optional)
Seledri dan bawang putih cincang

Cara membuat:
  1. Oles roti tawar dengan margarin.
  2. Tempelkan bawang putih dan daun seledri di atas roti. Tekan perlahan agar tidak mudah terlepas.
  3. Taburi sedikit saja bubuk bayleaf jika suka.
  4. Panaskan wajan datar anti lengket alias teflon. Lelehkan margarin. 
  5. Panggang roti di atas teflon dengan api kecil. Tutup teflon. 
  6. Gunakan tutup dari kaca untuk bisa melihat roti sudah matang atau belum.
  7. Jika pinggirannya mulai berwarna kecoklatan dan toping menjadi agak kering, angkat roti.
  8. Sajikan hangat. Cocok dimakan bersama sup krim.

Garlic bread plus seledri hidroponik

   Nah, barusan adalah resep dengan menggunakan seledri hidroponik. Kalau pakai seledri biasa bisa? Ya bisa banget dong! Memang rasanya sedikit berbeda. Sayuran hidroponik itu rasanya lebih manis dan juga lebih 'renyah' di lidah. Berikut adalh foto garlic bread dengan roti tawar yang menggunakan daun seledri biasa.

Garlic bread sebelum dipanggang

Garlic bread dari daun seledri biasa

 Memasak garlic bread ini memang lebih enak dengan cara dipanggang dengan menggunakan oven. Rasanya lebih renyah. Tapi nggak apa-apa, pakai wajan teflon saja sudah enak kok!

   Selamat mencoba ^_^

20 comments:

  1. Ini rasa bawangnya berasa bawang banget nggak mbak pas dimakan? Soalnya saya suka garlic bread tapi nggak suka kalo bawang terkunyah di mulut, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti pake bawangnya dikit aja. trus pas mau dimakan, bawangnya diusir dulu mbak. jadi ga makan bawang tp dapet aromanya :D

      Delete
  2. oh jd ini di teflon di 1 sisi aja ya mbak? yg garlic dan seledri ttp menghadap ke atas ya...dulu srg bikin, tapi di rumah mama krn ada oven jd bagian atas roti udh pasti kepanggang.. tp di teflon aku ga prnh coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bagian yg ada topingnya di atas. kalo dibalik suka copot n jadi gosong kalo telat angkat

      Delete
  3. Garlic bread tuh pakai seledri yaa. Kirain pakai bawang daun :)

    ReplyDelete
  4. Kreatifff, yg bikin suka garlic bread rasa asin-asinnya gimana gt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa asin dari margarinnya emang enak :D

      Delete
  5. Pertama kali lihat penampakannya memang menggoda. Apalagi cara buatnya mudah, yummy...

    ReplyDelete
  6. Mba, apa kabar?
    Waaa aku suka bgt nih. Resepnya gampang bgt. Kirain dipanggang ternyata pake teflon to.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helow hai, alhamdulillah baek. Dah lama ni ga ketemuan sama mba pipit. Moga dirimu sehat2 yaa
      Hehe iya, kalo aku bikinnya pake teflon :p

      Delete
  7. gampang ini mah, aku juga bisa , oh ya kalau ibuku hanya pakai sledri, apa pakai bawang putih nambah enak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake bawang putih buat saya mah jadi lebih enak, krna saya suka bawang putih :)

      Delete
    2. Kan garlic bread artinya roti bawang putih, kalo gak ada bawang putih mah bread doang atuh hehe

      Delete
    3. bawang putihnya ada. saya geprek dan dijadikan taburan di atas roti tawar sebelum dibakar. hasilnya garlic bread dengan taburan bawang putih panggang yang renyah.

      dalam foto: irisan putih kecil di atas roti tawar

      Delete
  8. Gampang yah mba, aku smangat klo urusan roti,apalagi klo masaknya pake teflon hihii... Bayleaf Di skip boleh yah kan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bayleaf ga dipake juga gapapa mba :)

      Delete
  9. kalau baput nya diulek gimana tuh mommm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. kalo saya dicincang krna biar makin kerasa pas digigit bawang putihnya :D

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^