Tuesday, March 15, 2016

Sate Ayam Teriyaki



Halo, lama tidak berjumpa! Jangan tanya betapa kangennya saya untuk bisa menulis blog lagi. Masalah netbook yang error bikin galau suasana. Meski tidak bisa nulis blog, saya tetap rutin memfoto masakan dan step by step cara membuatnya. Lalu semua foto itu di taruh di draft, menanti giliran untuk tayang. 

   Seperti postingan kali ini. Saya mengubek draft dan menemukan resep ini ada di urutan bawah. Artinya, sudah lumayan lama nangkring di draft dan belum naik cetak eh naik tayang. Halah kayak apa aja istilahnya, hehe. Resep kali ini adalah: sate ayam teriyaki. Kebetulan beberapa hari yang lalu saya juga membuat menu yang sama di rumah. Jadi ada foto baru yang diupdate, yaitu penampakan asisten pribadi saya di dapur. Siapa? Simak aja yaa...


   Pengen makan sate tapi males riweuh bikin bumbunya? Pakai bumbu instan saja! Saya membuat sate ayam ini menggunakan bumbu instan kemasan sekali pakai. Lebih praktis lagi kan? Untuk hasil yang lebih maknyus, lumuri daging ayam dengan bumbu instan selama paling sedikit satu jam. Mau didiamkan di kulkas semalaman? Boleh. Jadi lebih meresap dan lebih enak lho! 

   Seperti biasa, saya tidak berpanjang lebar karena badan lagi agak kliyengan. Berikut bahan dan resep membuat sate ayam bumbu teriyaki:

Bahan:
  • 1 dada ayam filet (tanpa tulang)
  • 1 sachet bumbu teriyaki instan
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 4 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
  • margarin secukupnya

Cara membuat:

Potong kotak ayam filet. 
Lumuri dengan bumbu teriyaki, merica, garam, dan kecap manis. 
Diamkan selama satu jam atau lebih. Disimpan semalaman di kulkas juga lebih oke.

Ayam filet yang sudah dibumbui

Tusuk potongan ayan filet dengan tusuk sate. Atur setiap tusukan berisi tiga potong ayam atau empat jika ukurannya kecil.


Sate ayam sebelum dibakar


Bakar sate pakai apa? Berhubung saya sedang malas menyiapkan alat bakaran sate beserta arangnya, saya menggnakana pan anti lengket untuk membakar sate. Bisa? Bisa dong!

Siapkan pan anti lengket. Panaskan margarin. Atur sate di atas pan. Balik setelah daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.

Bakar sate di atas pan anti lengket

Agar ada efek gosong seperti membakar di atas bara, sate kita bakar lagi yuk! Bakar sate di atas api kompor. Lakukan hingga daging menjadi kecoklatan dan agak gosong. Ingat, hati-hati jangan sampai api kompor mengenai tusuk sate yang bisa menyebabkan sate menjadi patah (karena tusuknya terbakar).

Sate ayam teriyaki sudah matang!
Makan sate pakai saus apa? Boleh pakai sau kacang atau saus kecap. Untuk sate ayam teriyaki ini saya membuat saus kecap sebagai pelengkap. Takaran dan jumlah bahan sesuai selera saja ya. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup campurkan semua bahan dalam satu mangkok. Selesai deh.

Bahan Saus kecap:
  • kecap manis
  • cabe rawit
  • bawang merah
  • tomat merah (buang bijinya)
  • jeruk nipis

Sebagai penutup, berikut penampakan asisten saya di dapur, yaitu Kk Rasyad. Jika berurusan dengan bakar membakar, kayaknya anak-anak paling semangat. Anak-anak? Eh, anak-anak saya deng, hehe. Dd Irsyad juga mau ikutan bakar sate, tapi tidak saya ijinkan karena dia masih kecil dan kurang tinggi. Selama membakar sate, Kk Rasyad terap dalam pengawasan saya. Biasanya sih, hasilnya masih kurang gosong dan saya mengulanginya lagi sebentar. Terima kasih sudah membantu Ibu ya sayang...

Kk Rasyad, sedang membakar sate

30 comments:

  1. Wah asik, tp katanya gak boleh lho mbak bakar sate lgs kena api gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar aja bakarnya, mel. satenya udah mateng. cuma pengen dibikin ada efek gosong dikit (bukan matengin di atas api dari awal)

      Delete
  2. Wah baru tau kalo bikin sate juga bisa pakai bumbu instan dan bakarnya di panci antilengket. Perlu dicoba nih resepnya, kayaknya cocok buat saya yang ogah ribet, hihi

    ReplyDelete
  3. Akupun kalo mau bikin ayam bakar atau sate bakarnya langsung diatas kompor :)
    Nasib gak punya bakaran :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku punya bakaran. tapi keluarnya cuma setahun sekali pas hari raya Qurban :D

      Delete
  4. Wuiiiis diolesin kecap yang banyak enak inih

    ReplyDelete
  5. Gampang ih kayanya boleh nih kapan2 bikin buat nadia

    ReplyDelete
  6. wah,boleh dicoba ini...lagi kepengen banget sate dari kapan hari tapi males keluar kalo sore

    ReplyDelete
  7. Wah gampang yak, biasanya klo pengen bikin sate sendiri selalu mikir males bikin bumbu kacang sama bakar2nya .. Asapnya itu lho bikin tetangga ... pengen hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangganya harus dibagi karena udah nularin harum :D

      Delete
  8. kreatif ini mah hihihi! gampang kayaknya ya Mak.

    ReplyDelete
  9. Waw rasanya pasti maknyus ya mbak ?

    ReplyDelete
  10. Ya ampun keren idenya. Salah satu saya malas bikin sate adalah membakarnya pakai arang, karena takut kotor ketika pengolahan arang. Dengan pakai pan anti lengket pasti lebih higienis, dan idenya agar timbul efek gosong dibakar di ataskompor boleh juga nih. makasi yaaa kakak.

    ReplyDelete
  11. wah seru nih, jadi pengen bisa bikin sendiri dirumah.

    ReplyDelete
  12. Wah kelihatannya mantapp nihh, jadi ngiler :D

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata bisa bikin sate di pan ya ^^b

    ReplyDelete
  14. wah bunda apa gak bahaya ya membakar sate di atas kompor elpiji begitu? rasanya gimana? gak bau elpiji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bahaya n ga bau elpiji. bakarnya jg di api bagian atas. sama seperti bakar sate di atas arang, ada jaraknya.

      Delete
  15. aaach ada makanan yang mudah dibuat niiich, sate ayam teriyaki. Kebetulan di lemari es ada saos teriyaki,

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^