Tuesday, March 1, 2016

Cara Ampuh Menghilangkan Aroma Khas Daging Kambing


Memasak sudah menjadi kegemaran saya. Membahas seluk beluk dunia memasak memang seru, ya. Apalagi jika kita berhasil mendapatkan voucher belanja online murah dari MatahariMall. Dijamin pasti terpikat deh melihat barang-barang yang ada di MatahariMall. Langsung saja voucher tersebut dimanfaatkan untuk membeli peralatan memasak yang baru. Jadi makin semangat berkreasi di dapur dengan peralatan masak yang baru.

   Memasak dengan peralatan berkualitas dari MatahariMall akan mendukung hasil masakan yang dihasilkan. Tapi, jangan lupa ya kalau ada teknik-teknik memasak yang patut kita kuasai dengan baik. Salah satunya adalah cara menghilangkan aroma khas daging kambing. Jadi, mau tahu bagaimana caranya supaya hidangan kambing menjadi lezat dan aromanya tak menyengat? Yuk, simak tips berikut ini:

DAGING KAMBING TIDAK PERLU DICUCI


Daging kambing
Mencuci daging kambing hanya akan membuat aroma kambing semakin menyengat dan teksturnya pun jadi lebih keras. Tak perlu khawatir dengan kehigienisan daging kambing yang tidak dicuci. Karena proses memasak daging kambing yang lama akan membuat bakteri dan organisme lainnya dalam daging kambing mati seketika. Daging kambing yang tak berbau pun jadi aman untuk dikonsumsi.

MEMBUANG BAGIAN LEMAK KAMBING


Sedikit lemak pada sate kambing sebelum dibakar
Faktanya, aroma kambing yang menyengat ternyata berasal dari lemak yang menempel pada daging kambing. Kalau tidak mau kesulitan saat membuang lemak kambing, masukkan saja dulu daging kambing berlemak ke dalam kulkas. Setelah daging kambing menjadi beku, kita pasti jadi lebih mudah membuang lemaknya. 

Tapi untuk membuat sate, saya justru menyisakan sedikit lemak sebagai penyedap saya. Sedikit saja ya, jangan banyak-banyak. Pada foto di atas, saya sedang memasak sate dan melakukan cara mudah untuk membuat daging kambing cepat empuk sebelum dibakar, yaitu menaruh daging sate yang sudah ditusuk di atas daun pepaya yang sudah diremas.

MEREBUS DAGING KAMBING BERSAMA REMPAH-REMPAH




Menyiasati daging kambing yang aromanya tak sedap juga bisa dilakukan dengan merebus daging tersebut bersama rempah-rempah. Jenis rempah yang sering digunakan adalah jahe, daun jeruk, serai, dan kemangi. Gunakan rempah-rempah dalam jumlah yang banyak untuk menyamarkan aroma daging kambing secara sempurna. Banyak bumbu juga membuat masakan dari daging kambing terasa lebih nikmat.

MELUMURI DAGING KAMBING DENGAN JERUK NIPIS


Jeruk nipis (foto: Pixabay)

Tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan aroma daging kambing yang tak sedap, jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri dalam daging kambing. Lumuri seluruh bagian daging kambing dengan jeruk nipis secara merata kemudian diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah setengah jam, daging kambing pun bebas aroma menyengat dan siap dimasak.

   Nah, ternyata cara ampuh menghilangkan aroma khas daging kambing tidak sulit bukan? Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk membuat kreasi hidangan istimewa dengan bahan dasar daging kambing yang berkualitas. Selamat memasak ^_^

17 comments:

  1. selama ini ga berani masak perkambingan ya gara2 baunya ini. cobain ah tipsnya. thanks mak

    ReplyDelete
  2. Masih takut makan kambing karena baunya hehehe.

    ReplyDelete
  3. Duh, nggak suka daging kambing mentah karna baunya. Maunya tinggal makan aja udh diolah mateng. *anaknya malesan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perjuangan buat yg ngolah kalo ga tahan baunya

      Delete
  4. Owh, saya baru tau klo sebaiknya daging kambing gak perlu dicuci thx infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jangan dicuci. kalo dicuci malah bisa bikin semakin bau. tehnik menyembelih jg mempengaruhi daging kambing bisa bau atau enggak

      Delete
  5. Jadi pingin bakar sate sendiri :D
    Daging kambing muda baunya malah enak setelah dimasak, tapi kalo dapat yg bandot ampun deh.. diapa2in tetep gak ilang hihihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa daging kambing muda mah enak bangett

      Delete
  6. Kalo aku biasanya dagingnya dibungkus pake daun pepaya atau di lumuri pepaya muda yang diparut atau nanas diparut. Kalo direbus sama caranya, ditambahi daun salam, serai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku jg pake daun pepaya. getah pepaya mmng majur u ngempukin daging.
      kalo nanas parut jg bisa tapi harus inget jng lama2 pas ngelumurin dagingnya dgn nanas. pernah lupa, dagingnya jd kelembekan krn kelamaan kerendem parutan nanas :(

      Delete
  7. Aku baru tahu lho kalo daging kambing nggak boleh dicuci. Selama ini aku kalo ngolah kambing malah dicuci dengan semangat biar baunya cepet ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibersihin aja kotorannya sampe bener2 bersih mbak. kalo ga yakin bersih, gapapa daging kambingnya kena air sedikit juga

      Delete
  8. Jadi kepengen tongseng kambing... :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^