Thursday, January 28, 2016

Omelet Sayuran dari Sisa Capcay


Punya makanan sisa? Wah, itu sih sering kejadian dan kadang bikin pusing para ibu rumah tangga. Tapi, yang namanya ibu-ibu, nggak pernah kehilangan akal untuk memanfaatkan sisa makanan. Betul nggak? Sisa makanan bisa diolah kembali menjadi hidangan yang menggugah selera. Tidak lama, sisa makanan langsung ludes deh. Dimakan dalam wujud yang lain. Nggak jadi mubazir deh. Hebat bukan?

   Seperti tema tantangan dari Indonesian Food Blogger kali ini: Cookblog Challenge Januari 2016: Leftover. Leftover alias makanan sisa. Nah, ini juga saya banget. Di rumah sering ada makanan sisa, terutama sisa dari makan malam. Pagi hari adalah waktunya memutar otak untuk mengolah sisa makan malam menjadi bahan sarapan yang nikmat. 



Tantangan dari Indonesian Food Blogger
   Dalam tantangan ini, saya menulis resep omelet sayuran yang dibuat dari sisa capcay. Sayuran tersembunyi membuat omelet ini jadi sarat gizi! Kalau cuma bikin omelet alias dadar doang untuk sarapan mah sudah biasa. Sekali-kali bikin omelet berukuran gendut berkat isinya yang beragam. Yuk, simak bahan dan cara membuatnya.


Bahan:
  • sisa capcay (kira-kira satu mangkok ukuran kecil.
  • 2 butir telur ayam
  • garam sejumput (karena capcay sudah ada rasanya)
  • merica jika suka
Cara membuat:

1. Siapkan capcay di mangkok. Buang kuah capcay.

Sisa capcay

2. Kocok lepas 2 butir telur. Tambahkan garam dan merica.

Dua butir telur ayam

3. Campurkan kocokan telur ke mangkok capcay. Aduk rata.

Campur semua bahan menjadi satu
4. Goreng dengan menggunakan wajan datar anti lengket. 
Menggoreng dengan wajan anti lengket
5. Angkat setelah omelet matang. Cara membalik omelet agar tidak robek adalah dengan menggunakan dua buah sutil secara bersamaan. 

6. Sajikan hangat.


   Mudah bukan? Yuk, berkreasi dengan leftover ^_^



22 comments:

  1. Sering bngt pnya capcay sisa tapi blom prnh kepikiran jdiin omlete hehehhe makasih resepnya mak ciamik tantangannya ya

    ReplyDelete
  2. dibikin orak arik telur juga enak kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah saya gagal ngebaliknya. jadi ancur mirip orak-arik telur juga :D

      Delete
  3. praktis banget inii... mantaap.

    ReplyDelete
  4. wah pandai juga ya, jadi gak kebuang

    ReplyDelete
  5. Ini masakan emak2 cerdas. Ga mau ada masakan kebuang bahkan jd menu bqru yg maknyuuss.. buat sarapan enyak tuh kayanya mak :*

    ReplyDelete
  6. sisa capcay pun bisa termakan ya mak, jadi gak mubazir

    ReplyDelete
  7. aku kira tadinya capcaynya dipotong-potong dulu gitu biar ga begitu berasa. hehe tapi enak ya jadi kemakan leftover juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipotong2 juga bisa. tapi aku lebih suka ga dipotong2 lagi, biar brokolinya kelihatan :)

      Delete
  8. Emak2 mah kreatip always yaa klo sial makanan dr capcay jd omelet deh.
    Nyam nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan hari ini aku bikin capcay. besok bikin omelet lagi :D

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^