Monday, January 25, 2016

Nasi Bakar Isi Ayam

nasi bakar isi ayam


Liburan kemarin saya membuat nasi bakar. Selain untuk variasi hidangan di rumah, nasi bakar ini bisa dibawa untuk bekal ke tempat wisata lho! Pas lagi kena macet di jalan dan tiba-tiba lapar, bekal nasi jadi penyelamat bagi perut yang keroncongan. Sekalian berhemat juga. Nggak perlu jajan lagi, hehe.

   Bikin nasi bakar bukan cuma untuk bekal saja. Jadi suguhan untuk tamu pada acara pertemuan atau arisan juga bisa. Wah, dijamin para tamu pasti terkesan. Saya pernah hadir di acara arisan dengan suguhan nasi bakar. Enak dan bikin kenyang. Tuan rumah juga nggak perlu repot menyediakan hidangan prasmanan. Praktis bukan?   

   Nasi bakar bisa diisi dengan ikan teri, oncom, jamur, dan lain-lain. Saya pilih ayam karena suami tidak suka ikan teri dan anak-anak tidak suka oncom. Sedangkan jamur bulat (yang biasa menjadi isian nasi bakar) di tukang sayur lumayan langka. Jadi, nasi bakar isi ayam adalah pilihan yang tepat. Yuk, simak cara membuatnya.


Bahan:
  • 2 cup beras
  • 300 gr daging ayam. Potong kecil
  • 1 bungkus santan instan ukuran kecil
  • daun pisang untuk membungkus
  • daun salam untuk setiap bungkus nasi (jika ingin membuat 4 bungkus nasi bakar, taruh 4 lembar daun di setiap bungkus)
  • tusuk gigi atau lidi
  • minyak goreng untuk menumis
  • air matang secukupnya

Bumbu nasi:
  • 3 butir bawang putih, iris halus
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 1 buah cabai merah besar, iris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar batang sereh, geprek
  • 2 cm lengkuas. geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya

Bumbu ayam (tumbuk halus):
  • 2 butir bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 0,5 cm kunyit
  • garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih, bawang merah, dan kunyit. Masukkan ayam. Tambahkan sedikit air. Aduk rata. Masak hingga ayam matang dan kuah berkurang. Sisihkan ayam dan sisa kuahnya.
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu nasi hingga harum. Masukkan beras yang sudah dicuci. Aduk rata. 
  3. Tambahkan santan instan dan segelas air matang. Tambahkan sisa kuah rebusan ayam.Masak hingga beras menjadi aronan nasi. Jika nasi aronan masih keras, bisa ditambahkan lagi air mendidih. Matikan kompor. Diamkan sesaat.
  4. Ambil daun pisang. Taruh daun salam di atas daun pisang. Letakkan nasi aron di atasnya. Tata nasi aron dengan irisan ayam pada bagian tengah. Bungkus rapi dengan menyematkannya memakai tusuk gigi atau lidi.
  5. Kukus nasi selama 30 menit.Setelah matang, angkat nasi lalu bakar sejenak di atas wajan tefkon hingga harum dan daunnya berwarna kecoklatan. 
  6. Nasi bakar siap disajikan bersama sambal terasi dan kerupuk.

Tambahan:
  • Jika ingin membuat nasi bakar dengan rasa pedas, bisa disisipka beberapa buah cabai rawit.
  • Suka pakai kemangi? Tambahkan saja. Jangan lupa masukkan kemangi saat aronan nasi sudah matang, ya.

Selamat mencoba ^_^



27 comments:

  1. Aiihh ngiler deh. Palagi belum sarapan

    ReplyDelete
  2. aku pilih nasi bakar yang pedes aja kalo gitu ya mbaak :) so yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole bole...mau berapa biji cabenya? :)

      Delete
  3. Iih keliatan enak yaa. Aku paling nggak bisa bungkus, mba :)
    Makasih resepnya, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bungkusnya asal ketutup aja mba. aky jg ga bisa rapi2 amat :)

      Delete
  4. kreatif bgd sih maakkk..
    susah nggak ya bikinnya, pgn bikin soalnyah

    ReplyDelete
  5. engga mak...bikin aja :)
    kalo mau yg gampang: pake nasi mateng, tumis bumbu, aduk2. ga pake santen. lngsung bungkus dg tumisan ayam. kalo ga ada tumisan ayam, ayam goreng suwir jg bisa. tp rasanya kurang nendang dibanding yg nasinya diaron pake santen, hehe

    ReplyDelete
  6. baru kemaren hari minggu bikin nasi bakar juga buat suguhin mertua yang main ke rumah, saya isiannya pake tumisan cumi asin terus di nasinya saya campurin teri medan sedikit biar lebih gurih mba hehe..

    ReplyDelete
  7. Selama ini saya suka beli, pesan antar gitu. Sekarang mau coba bikin sendiri ah pakai resep ini :)

    ReplyDelete
  8. Tau lg bikin nasi bakar, aku samperin deh rumahnya...iihihi

    Aku pengen nyoba ah nanti, klo waktu dah luang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi beklah nanti pengumuman kalo bikin lagih :D

      Delete
  9. Wah.. Pengen nyobain ini, mak Inna. Kayaknya enak banget nih..

    ReplyDelete
  10. sedap sekeleussss ini mba, pengiiiin....

    ReplyDelete
  11. suka ga tahan klo dah mlipir ke sini, bawaanku pengen ngemil
    iya ngemil nasi hahahahiii

    ReplyDelete
  12. Kebayang gurihnya,euy! Saya kepingin belajar bikin beginian, karna kalau rencana piknik suka berat duluan. Ngabayangin harus masak beberapa macam, dan bawa barang banyak! :) Thanks yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, ini praktis lho buat bekal piknik.
      masama mbak oti. met nyoba yaa ^_^

      Delete
  13. kalo santan ga pake masih sedap kah mba??

    ReplyDelete
  14. Waah, kebetulan hari Sabtu nanti mau bikin nasi bakar. Ijin save resepnya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  15. selamat memasak nasi bakar, mbak dyah :)

    ReplyDelete
  16. aku mau coba juga aaaah.... utk bekal travelling

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^