Wednesday, October 21, 2015

Tumis Pare


Halo! Maaf lama tidak menyapa. Kondisi fisik sedang kurang sehat. Ditambah netbook tiba-tiba eror, jadilah saya harus lari dulu ke warnet untuk membuat postingan blog. Mau nulis di smartphone, saya bingung nggak bisa log ot dari akun blog yang lain. Hadeuh, beginilah kalau jadi emak gaptek :(


   Posting resep apa ya? Jelang Idul Adha kemarin sudah banyak resep daging. Lama-lama eneq ya, makan daging terus. Hihi. Sekarang resep sayuran aja, ya. Sayuran pahit tapi enak dan juga sehat. Apa itu? Pare alias paria! Perkenalan saya dengan pare adalah ketika pare tidak sengaja nyasar di piring siomay pesanan saya. Dicoba, eugh...pahit! Etapi...kok enak?! Sejak itulah, saya jadi doyan makan pare. Yang mateng tapi ya. Kalo mentah mah, ogah.

   Pare pada siomay cuma dikukus saja. Simpel banget. Nah, sekarang kita bikin tumis pare, yuk! Berikut bahan dan cara membuatnya...

Bahan tumis pare
Bahan:
  • 3 buah pare ukuran sedang
  • 1 buah tomat merah
  • 1 buah cabai merah besar (bisa ditambahkan jika ingin pedas)
  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • sedikit air matang
  • minyak untuk menumis
Cara membuat:
  1. Cuci bersih pare. Buang bijinya. Iris selebar 0,5 cm. Lumuri dengan 1 sdt garam. Remas perlahan. Diamkan selama 10 menit. Cuci bersih pare. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. 
  3. Masukkan pare dan tomat. Aduk rata. Tambahkan air matang sedikit saja atau sesuai selera. Tambahkan garam. Tumis hingga matang.
  4. Sajikan hangat bersama nasi pulen.

Keterangan:

  • Meremas pare dengan garam sebelum diolah gunanya agar pare tidak terlalu pahit.
  • Bisa menambahkan ikan teri atau udang rebon untuk variasi.

11 comments:

  1. blm pnh masak pare, gal doyan :D

    ReplyDelete
  2. aq suka remas pake garam dl mak, biar gak terlalu pait. tp jgn lama2 nanti paitnya ilang :)

    ReplyDelete
  3. Apalagi pake udang, waaah bisak nabisin nasi 2 piring niih....

    ReplyDelete
  4. Hihii, setuju ama bunda Yati, jadi ngiler deh mbak...

    ReplyDelete
  5. sedapnyaaa..aku sering bikin tumis pare,lnyambel tomat,goreng tahu tempe..duh enak bangettt

    ReplyDelete
  6. sama mak, aku juga dengan cara memerasnya dg garam,

    ReplyDelete
  7. makanan favoritku juga nih mbak...tetapi kalo aku suka tak campurin dengan jagung manis, kadang udang atau bakso. Hehehe jadi siiplah rasanya

    ReplyDelete
  8. Sayur kesukaanku, tumis pare, karena ternyata bisa merangsang nafsu makan juga.
    Pahit pare aku lebih suka dibanding pahit daun pepaya

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^