Monday, September 21, 2015

Soto Betawi



Soto betawi. Saya suka masakan berkuah yang satu ini! Walaupun isi kuah soto ini penuh dosa, yaitu jeroan! Duh, langsung lupa deh sama asam urat plus kolestrol yang gentayangan. Nggak apa-apa sekali-kali makan yang 'berbahaya'. Setelah itu, jangan lupa olahraga teratur. Lalu... makan soto betawi lagi, hehehe. 

   Sesuai janji saya di halaman Facebook Fanpage, untuk menyambut Hari Raya Idul Adha saya akan memposting resep berbahan dasar daging sapi dan kambing. Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi untuk mengolah daging kurban nanti. Resep bahan dasar lainnya akan segera menyusul minggu depan. 


  Sudah dulu basa-basinya. Yuk, kita bikin soto betawi. Caranya gampang. Tinggal cemplang-cemplung doang, kok!

Bahan:
  • 250 gr daging sapi
  • 250 gr babat sapi
  • 250 gr kikil sapi
  • 500 ml santan dari 1 buah kelapa parut
  • 2 buah kentang ukuran besar
  • 2 buah tomat merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang cengkeh
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 cm jahe, digeprek
  • 3 cm lengkuas, digeprek
  • minyak goreng untuk menumis
  • air untuk merebus
Bumbu halus:
  • 8 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
Sambal cabe:

  • 5 cabe rawit
  • 1 cabe merah besar
  • 1 sdt cuka
  • garam secukupnya
Pelengkap:
  • bawang goreng
  • irisan daun bawang
  • acar
  • emping

Cara membuat:
  1. Rebus daging, babat, dan kikil sapi hingga empuk secara terpisah. Potong dadu. Sisihkan.
  2. Simpan air bekas rebusan daging untuk dijadikan kuah soto. 
  3. Rebus kentang. Potong ukuran kotak. Sisihkan.
  4. Potong tomat menjadi delapan bagian. Sisihkan.
  5. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, dan cengkeh hinga harum. 
  6. Masukkan daging, babat, dan kikil. Aduk rata.
  7. Tuangkan air kaldu daging. Tambahkan dengan air matang hingga jumlah air di dalam panci mencapai 2 liter.
  8. Masak hingga mendidih selama 1 menit.
  9. Tuangkan santan. Masak hingga mendidih.
  10. Tata dalam mangkok: kentang, tomat, dan bawang daun. Isi dengan daging, babat, dan kikil. Siram dengan kuah soto.
  11. Soto betawi siap disajikan bersama emping, taburan bawang goreng, dan sambal cabe rawit. Tambahkan acar jika suka.
Cara membuat sambal cabe:
  1. Rebus cabe dengan sedikit kuah soto.
  2. Haluskan cabe dengan sedikit garam.
  3. Tambahkan cuka. Aduk rata.
  4. Tambahkan 3 sdm air matang.
Notes:
  • Ada resep soto betawi yang menggunakan cabe merah besar hingga kuahnya berwarna kemerahan. Saya sengaja tidak memakai cabe supaya tidak pedas dan anak-anak bisa menikmati soto ini.
  • Cara membersihkan babat: lumuri dengan kapur sirih, diamkan selama 15 menit. Cuci babat dengan air hangat sambil digosok-gosok. Jika ingin babat yang putih bersih, sikat dengan sikat gigi yang tidak terpakai hingga kulitnya mengelupas. 
  • Merebus daging hingga empuk diperlukan waktu selama 30 menit atau lebih. Jika menggunakan panci presto, cukup merebus selama 15 menit sejak panci berbunyi. Begitu pula dengan merebus babat. 
  • Sedangkan kikil sapi tidak perlu direbus terlalu lama. Nanti bisa hancur jika terlalu empuk. Cukup rebus selama 5 menit saja. 

9 comments:

  1. Sepertinya enak dimaee m pas ujan ujan beginij

    Nyontek bumbunya ah

    ReplyDelete
  2. aku suka soto betawi tapi aku selalu pakai daging saja secara jeroan aku gak suka

    ReplyDelete
  3. Aku sama dengan mba Tira, enggak suka soto betawi jeroan, selalu daging sapi :)

    ReplyDelete
  4. kalo aku suka jeroan. meskipun udh makannya langsung nyut2an 😂😂😂

    ReplyDelete
  5. Wah suka soto betawi, nyoba ah kapan2 :)

    ReplyDelete
  6. Aku suka soto daging, suka babat, suka kikil.. suka semuaaaa.. apalagi kalo sotonya langsung jadi ada di meja tinggal happ :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^