Tuesday, September 29, 2015

Sop Ikan Batam


  Sop ikan batam. Sop ikan? Ikan dibikin sop? Itu yang pertama kali terlintas di benak saya. Beberapa minggu yang lalu, suami mengajak saya dan anak-anak mencicipi sop ikan. Makan sop dengan kuah panas pasti enak untuk makan malam. Saat itu suasana restoran di ruko berlantai tiga tersebut cukup ramai. Restoran ada di lantai dua dan tiga. Sedangkan lantai satu digunakan untuk tempat parkir. 

  Kami kebagian duduk di teras lantai dua. Semilir angin malam yang sejuk membuat kami merasa nyaman meski tidak duduk di ruangan yang berpendingin udara. Kami langsung memesan sop ikan. Hmm enak! Ketagihan, saya pun berencana datang kembali suatu saat nanti.

  Suatu hari, Alma dari grup Whatsapp Asinan Blogger memberi tahu ada promo diskon 50% di Sop Ikan Batam. Khusus untuk santap di restoran. Wah, sebagai emak yang doyan diskon, langsung saja saya membuat janji makan siang bareng dengan teman saya, Sortha.  
Tampak depan
  Namanya macan ternak (mamah cantik anter anak), jadwal bertemu disesuaikan dengan jam pulang sekolah. Saya sengaja tidak membawa Dd Irsyad karena ada keperluan lain. Setelah beres, saya menunggu Sortha menjemput Gavriel dari sekolahnya. Saat berjumpa, kami langsung menuju Restoran Sop Ikan Batam. Berhubung suasana masih terang dan sepi pengunjung, saya sempat memotret suasana restoran dengan santai.
   
Saya, Sortha, dan ikan di tembok.

Restoran di lantai dua
   Kami bertiga mengambil meja di dalam ruangan. Dapur restoran bisa terlihat jelas dibalik jendela kaca. Pengunjung restoran bisa melihat sendiri saat sang juru masak menyiapkan hidangan pesanan kita di dalam dapur.

Dapur dibalik kaca
   Ingin menyantap di smoking area? Tempatnya di teras lantai dua. Tempat ini ternyata lebih cantik pada malam hari karena cahaya lampu. Tempat yang sama saat kunjungan saya ke Restoran Sop Ikan Batam sebelumnya.
   

Teras restoran pada siang hari
Suasana pada malam hari. Dalam foto: suami saya tercinta.
Abaikan penampakan mbak-mbak galau di belakang :D
  Iseng jalan-jalan ke lantai tiga. Wah, tempat duduknya lebih banyak. Bahkan ada private room juga. Boleh nih kalau mau meeting ekslusif dan tidak terganggu oleh pengunjung lainnya. 
Tempat makan di lantai tiga
  Mau lebih lama nongkrong di sini? Boleh. Mushola sudah tersedia di lantai bawah dekat pintu masuk restoran. Tepatnya di seberang tangga dan di sebelah toilet. 

Pintu masuk restoran di lantai bawah. 
Ada banner promo diskon 50%.
  Saya memesan sop ikan batam, tentu saja. Sedangkan Sortha dan Gavriel memesan otak-otak karena sudah makan sebelumnya. Otak-otak tidak sempat saya foto karena sudah habis duluan, hehe. Oia, selain sop ikan ada juga menu lainnya. Daftar makanan dan harga dapat dilihat pada foto daftar menu berikut ini:

Daftar menu 1
   Keterangan foto menu 1 (searah jarum jam): Otak-otak 4K/piece, Sop seafood 43K, Ikan goreng asam pedas 22K, Sop kepala ikan 40K, Sop ikan asam pedas 55K, Kepala ikan asam pedas 80K, Ayam goreng (3 potong) 20K, dan Nasi goreng seafood 30K.


Daftar menu 2
   Keterangan foto menu 2: Bakso ikan goreng 15K/stick, Seafood goreng asam pedas 40K, Kangkung terasi 20K, Toge ikan asin 20K, dan Lumpia ikan 20K.


Daftar minuman
   Keterangan foto daftar minuman: Blue passion 23K, Chocolate cookies iced 23K, Strawberry squash 23K, Lychee iced tea 20K, Caramel iced latte 20K, Lemon iced tea 20K, Passion iced tea 20K, Hazelnut iced coffee 20K, Jus sunkist 25K, Es jeruk nipis 12K, Air mata kucing 12K, Es klatna 12K, dan Es kopi 12K.

   Berikut penampakan hidangan yang sempat saya foto dari kunjungan pertama dan kedua di Restoran Sop Ikan Batam:


Sop ikan batam, harga Rp.38.500 plus diskon 50%.
Sop ikan batam (sumber: www.sopikanbatam.net)
   Sop ikannya gimana? Hmm... masih sama rasanya dengan yang terakhir kali saya cicipi. Kuah ikannya gurih dan lezat. Irisan daging ikan tenggiri yang lembut dikunyah. Lalu ada sensasi kriuk kruk kruk saat menggigit sawi asin yang renyah. Makin segar dengan irisan tomat dan sawi hijau. Plus sambal cabai rawit yang disiram kecap asin... maknyuss!!!
   
Sop ikan asam pedas, harga 55K.
   Sop ikan asam pedas dipesan oleh keluarga saya pada kunjungan pertama. Maksudnya sih, buat variasi. Sayang menurut saya rasanya kurang enak. Ikan goreng dan dibumbui ini ukurannya kecil, tidak sesuai dengan harapan (kirain gede, gitu). Bumbunya kurang nendang kalau menurut saya dan suami. Saya lupa jenis ikan apa. Maklum, suasana malam yang remang-remang. Apalagi ikannya ngumpet dibalik tomat dan nanas :D


Sup seafood, harga 43K.
   Sup seafood juga jadi pilihan untuk variasi hidangan makan malam keluarga saya pada kunjungan pertama. Ternyata, kuahnya sama saja dengan kuah sop ikan. Beda cuma pada isinya saja. Kalau sop ikan isinya hanya daging ikan. Sop seafood isinya udang, cumi, dan ikan. Tidak lupa pelangkap tomat hijau, sawi hijau,  dan sawi asin. 



   Minumannya? Saya lupa waktu itu kami sekeluarga memesan apa. Kalau tidak salah, anak sulung saya memesan minuman bersoda blue ocean dan si tengah pesan minuman dengan biskuit chocolate cookies iced. Dua-duanya enak! Menyegarkan!

Hot lemon tea dan klatna
   Minuman yang saya pesan pada kunjungan kedua adalah hot lemon tea alias iced lemon tea versi hangat karena saat itu saya sedang agak batuk. Disajikan hangat ternyata lemon tea terasa nikmat! Duh, saya lupa Sortha dan Gavriel pesan minum apa. Kalau tidak salah es klatna tapi yang versi hotnya juga. Sayang, rasanya agak ajaib menurut Gavriel. 


   Nah, saat sedang menunggu pesanan, saya buka aplikasi Opensnap di smartphone saya. Opensnap adalah aplikasi mobile untuk berbagi foto makanan. Kita dapat mencari, mengunggah, membagi, dan menyukai foto-foto makanan dengan menggunakan hastag. Foto yang diuplot juga bisa diedit dengan efek filter dan stiker. Aplikasi ini terhubung langsung pada Openrice, aplikasi kuliner populer yang menyuguhkan informasi dan review beberapa restoran terkemuka. Dengan opensnap, berbagi foto makanan menjadi mudah dan menyenangkan!

Opensnap punya feature baru yang keren, nih! Yaitu: 
  1. Personalized Your Food App by Bookmark. Kita bisa bookmark atau menandai restoran atau masakan favorit.
  2. Social Visited. Teman yang kita follow di akun Opensnap bisa kita lihat sudah berkunjung ke mana saja. Juga bisa restoran mana yang paling banyak dikunjungi oleh teman.
  3. Map View. Melihat lokasi berbagai restoran yang terdekat dari lokasi kita. Map view juga jadi panduan agar kita nggak nyasar sampai ke lokasi.
  4. Personalize your favorite location. Kita bisa mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.
  5. Everyone tab. Kita bisa terhubung dengan foodies yang ada di kota yang sama. 
   Sebelum datang ke restoran, saya sudah menggunakan Opensnap untuk melihat peta. Maklum, waktu kunjungan pertama kan diantar suami. Kali ini saya pergi sendiri dengan kendaraan umum. Ya lihat peta dulu dong, biar nggak nyasar. 


Bookmark dan peta Restoran Sop Ikan Batam di Opensnap.
   Sempat bingung juga ketika saya sedang mencari Restoran Sop Ikan Batam di Opensnap. Saya cari kota Bogor kok nggak ada ya. Ternyata, Bogor berada satu kategori dengan Jakarta. Pantesan, saya cari ke Other Cities kok hasilnya malah kota yang jauh semua. Duh, gaptek dipiara nih!

   Untuk menemukan Restoran Sop Ikan Batam, saya seting lokasi di Bogor terlebih dahulu, klik masakan Indonesia, lalu yang paling penting adalah memasukkan kata kunci Sop Ikan. Sop ikan di Bogor hasil search saya akhirnya menemukan restoran ini. Ingin mencari tempat makan dengan mudah? Ya pakai Opensnap tentunya!


Akun saya di Opensnap: Inna Riana
   Share foto-foto di Opensnap dari tempat makan yang kita kunjungi itu asyik, lho! Kita bisa mereview makanan dan restorannya. Intip postingan makanan dari foodies lainnya juga nggak kalah seru. Wow, foto-fotonya itu lho! Bikin ngiler! 

   Ternyata, bukan cuma foto tempat makan saja yang bisa diuplot di Opensnap. Masakan buatan sendiri juga bisa dipamerkan disini. Saya baru posting satu masakan rumah, yaitu udang goreng kunyit. Nanti mau posting lebih banyak lagi ah!

  Oia, jangan lupa, kalau sudah buat akun Opensnap, boleh follow-followan sama saya. Uplot foto dari tempat makan favorit atau masakan rumah. Lalu pasang hastag nama saya ya! Contohnya: Cumi saus tiram #InnaRiana. Terima kasih sebelumnya. Selamat ber-opensnap ya! ^_^ 

7 comments:

  1. Segeerr banget sup ikannya..ngilerrrr.....

    ReplyDelete
  2. Makanannya yummy semua ya, bikin laperrrr...

    ReplyDelete
  3. wah sup ikan asam pedasnya itu pasti enak banget, seger ya *jadi ngiler :D

    ReplyDelete
  4. Trmpatnya enak ya kliatannya. Mau coba deh kpn2...:)

    ReplyDelete
  5. hwuidih sop kepala ikan mah favorit sayaaaah! kalo di tempat saya namanya Gombyang. hehehe

    ReplyDelete
  6. Sop ikannya kayak enak banget ihh ^^

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^