Wednesday, September 23, 2015

Sate Kambing


Tee sateee! Mau sate? Mau dong! Besok adalah Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam. Tradisi sehabis acara potong hewan kurban biasanya bakar sate! Daging kambing yang masih segar, cocok sekali untuk disate. Dijamin empuk karena langsung diolah tanpa disimpan lama. Rasa dagingnya juga lebih manis. Hmmm!

   Bagaimana cara mengolah daging kambing untuk dijadikan sate yang lezat, empuk, dan manis? Sebelum dibakar di atas bara api, daging kambing dilumuri dulu dengan parutan nanas. Tapi jangan terlalu lama, ya! Cukup beberapa menit sebelum dibakar. 


   Cara lain agar daging kambing empuk adalah menaruh potongan daging di atas daun pepaya muda yang sudah dicuci bersih dan agak diremas (agar getahnya keluar). Jadi saat memotong daging, taruh dalam nampan besar yang sudah dialasi daun pepaya. Semua daging bersentuhan langsung dengan daun. Setelah memotong selesai, baru deh menusuk daging menjadi sate. 

   Bumbu olesan dibuat untuk menambah cita rasa. Bumbu ini dibalurkan langsung pada daging sate yang mentah. Diamkan selama 10 menit, lalu bakar di atas bara api atau pemanggang. Sambil dibolak-balik, olesi lagi bumbu agar rasa makin mantap.

   Bumbu olesan untuk 20 tusuk sate:
  • 2 sdm margarin
  • 6 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  Jumlah takaran disesuaikan dengan banyaknya sate. Jika kurang, tinggal tambahkan lagi bumbunya. Gampang kan. Setelah matang, aduk rata sate dengan bumbu kecap. Sajikan hangat. 

   Bumbu kecap untuk penyajian:
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm irisan cabai rawit
  • 1 sdm irisan bawang merah
  • 1 buah tomat merah, potong kecil
  • 1 buah jeruk limau, peras airnya
Pelengkap:
  • lontong
  • acar
  • bawang goreng

   Jumlah dan takaran bumbu kecap juga bisa disesuaikan saja, ya! Jika suka pedas, tinggal tambahkan irisan cabe yang banyak. Jangan lupa, untuk anak-anak, bikin bumbu tanpa cabe, ya!

   Atau mau membuat sate daging sapi? Saya punya resep sate sapi bumbu barbeque.

   Selamat Hari Raya Idul Adha ^_^


11 comments:

  1. Wew dah nyate duluan nih dapur ngebut

    ReplyDelete
  2. Wew dah nyate duluan nih dapur ngebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. belon, mak ophi. ini penampakan sate tahun lalu. biar makin semangat nyatenya pas kurban skr :D

      Delete
  3. dan suamiku minta aku googling bumbu untuk sate yang mau dibakar, alias bumbu bakarnya...sipp yooo

    ReplyDelete
  4. Kalo bikin sate kambing madura yang pake bumbu kacang itu gimana caranya buuuuu. ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh maaf, bumbu kacang u sate belum pernah bikin. soalnya anak2 ga suka pake bumbu kacang.
      kapan2 saya coba praktekin

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^