Friday, September 18, 2015

Mie Kocok Kikil Sapi


Mie kocok kikil sapi. Menu ini yang terlintas di kepala saya saat memikirkan suguhan untuk acara pengajian bapak-bapak di rumah. Tadinya sih, mau bikin mie ayam. Gara-gara postingan saya tentang blog yang dikira restoran. Tapi menu mie ayam sudah pernah saya buat untuk acara pengajian, Gantu menu lain, dong. Sekalian menjajal resep baru. Mie kocok kikil aja deh. Yuk, simak cara membuatnya!

Kaki sapi
Bahan:
  • 1 kaki sapi 
  • 250 gr kikil sapi siap pakai
  • 1 bungkus mie telor
  • 1 ons toge 
Kikil sapi
Tauge
Mie yang sudah direbus

Pelengkap:
  • bawang goreng untuk taburan
  • air jeruk limau
  • emping atau kerupuk
  • acar
  • kecap manis

Bumbu halus:
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
Sambal cabe rawit:
  • 6 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe keriting
  • sedikit garam untuk menghaluskan
  • 4 sdm kuah dari kaldu

Kuah kaldu kaki sapi
   Pada resep asli, seharusnya digunakan mie gepeng. Berhubung saya tidak menemukan mie gepeng, maka saya menggantinya dengan mie kering biasa. Boleh juga pakai mie kuning basah. Pakai kwetiaw juga boleh. Tergantung selera saja ya.

   Saya membuat untuk 10 porsi. Pada resep ini saya tulis untuk porsi 5 mangkok. Jadi saya tulis separuh takaran bumbu. Mau bikin 10 porsi juga? Boleh. Jangan lupa undang saya ya, hehe.

Mie kocok kikil sudah jadi!

   Cara membuatnya nggak susah, kok. Ikuti langkah-langkah mudah sebagai berikut:
  1. Rebus mie kering. Angkat, taruh dalam sarangan, tiriskan, lalu siram dengan air matang bersuhu dingin agar tidak mengembang. Sisihkan.
  2. Rebus kaki sapi dalam panci presto selama 15 menit. Jika menggunakan panci biasa, rebuse selama 30 menit hingga kikil yang menempel di kaki sapi menjadi empuk.
  3. Cuci bersih kikil sapi siap pakai. Kikil bisa ditemui di tukang sayur dalam keadaan sudah direbus agar menjadi kaku. Buang bagian yang berlemak. Potong-potong kikil sapi ukuran dadu 1 x 1 cm. 
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukka kikil sapi, Rebus hingga kikil lunak kira-kira 10 menit.
  5. Siapkan mangkuk berisi mie.
  6. Cuci bersih toge. Taruh dalam sendok khusus berbentuk sarangan. Celupkan toge ke dalam kuah mendidih hingga layu. Tuang ke mangkok yang sudah berisi mie.
  7. Lengkapi mie dan toge dengan menambahkan kikil sapi dan kuah kaldu secukupnya.
  8. Beri taburan bawang merah goreng.
  9. Mie kocok kikil siap disajikan bersama sambal dan jeruk limo. 

Cara membuat sambel cabe rawit:
  1. Rebus cabe selama 5 menit.
  2. Angkat dan tiriskan.
  3. Tumbuk cabe bersama sedikit garam untuk menghaluskan.
  4. Pindahkan cabe halus ke mangkok kecil.
  5. Tambahkan kuah kaldu kaki sapi. Aduk rata.
  6. Kuah kaki sapi bisa diganti dengan air matang biasa. Jika menggunakan air biasa, tambahkan lagi garam agar rasanya pas.
Tinggal diberi kuah kaldu, mie kocok kokol siap disajikan.
   Sempat terjadi insiden saat saya mengulek sambel. Mata saya terkena air cabe! Huwow! Jangan tanya gimana perihnya! Syukurlah, insiden ini berhasil diatasi dan mata saya kembali normal. Cerita lengkapnya ada di sini.

  Alhamdulillah, Hasil masakan saya dibilang enak! Dd Irsyad bahkan sampai menambah kuah kaldunya berkali-kali! "Enak Bu! Enak! Dd Suka!" katanya sambil minum kuah langsung dari mangkoknya. Makasih ya, sayang.


5 comments:

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^