Thursday, November 6, 2014

Acar ala Emak Riweuh



Acar biasanya menjadi hidangan pelengkap. Terutama pada masakan yang kaya bumbu dan bersantan. Seperti masakan gulai, soto, sate, bahkan mie goreng. Rasanya yang asam dan segar membuat suasana makan semakin kaya rasa. Mengunyah acar disela makan hidangan yang bisa mengundang rasa 'enek', bisa menghilangkan mual dan mulut pun siap untuk suapan 'enek' berikutnya, hehe.

Bikin acar susah atau enggak sih? Menurut saya, gampang. Hanya saja ada beberapa langkah yang sedikit ribet. Maklum, acar ini kan, biasanya disimpan lagi dan bisa dimakan sampai beberapa hari. Supaya awet, beberapa proses harus dilakukan seperti mensterilkan wadah acar terlebih dahulu. Mari kita simak cara pembuatannya.


Bahan-bahan untuk membuat acar
Bahan:

  • 2 buah timun
  • 1 batang wortel
  • 6 buah cabai rawit warna hijau, merah, dan oranye
  • 3 butir bawang merah
  • bunga kol secukupnya
  • 1,5 sdm cuka
  • garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
  • air matang secukupnya


Cara membuat:

  1.  Belah timun dan buang bijinya. Potong bentuk korek api. Beri air matang secukupnya pada mangkok kaca yang bersih (boleh disteril terlebih dahulu). Beri setengah sdt garam. Aduk rata. Diamkan selama 10 menit. Tiriskan. Bilas dengan air matang lalu tiriskan kembali. Sisihkan.
  2. Lakukan hal yang sama pada irisan wortel yang berbentuk korek api.
  3.  Cuci bersih bawang merah dan cabai rawit dengan air matang. Iris kasar bawang merah sesuai selera. Biarkan cabai rawit dalam bentuk utuh. Sisihkan. 
  4. Jika menggunakan bunga kol, pilih bunga kol yang memiliki kuntum bunga yang kecil. Potong bunga kol sesuai kuntumnya. Cuci bersih dengan air matang, sisihkan.
  5. Ambil mangkok kaca atau toples kaca yang sudah disteril. Campur semua bahan: timun, wortel, cabai rawit, bawang merah, dan bunga kol (tidak saya gunakan saat membuat resep ini karena lupa beli, hehe).
  6. Tambahkan air matang hingga semua bahan terendam. Campurkan garam, cuka, dan gula pasir. Aduk rata. Simpan beberapa jam sampai semua bumbu meresap (lebih baik jika disimpan di dalam kulkas).
  7. Acar siap dinikmati sebagai pelengkap makan anda ^_^


Keterangan: 


  • Seluruh proses pembuatan acar ini tidak boleh tersentuh oleh tangan secara langsung (supaya steril). Gunakan sendok plastik untuk mengaduk bahan.
  • Cara mensterilkan toples atau mangkuk kaca: cukup bilas dengan air panas. Jangan sentuh lagi dengan tangan.
  • Gunakan sendok plastik untuk menyendok acar, jangan sendok stainless apalagi dari besi. Kenapa? Kata ibu saya sih, biar nggak bereaksi dengan air cuka pada acar.
  • Cabai rawit pada acar yang diiris akan membuat rasa acar menjadi pedas. Saya lebih suka cabai rawit berbentuk utuh. Yang tidak kuat pedas pasti tidak akan mengambil cabe kan?

28 comments:

  1. Eh, kenapa harus steril ya, Mak?
    *sumpah gak tau >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya awet n acar bisa tahan lama sampai bbrpa hari :)

      Delete
  2. Aku suka bawang merahnya klo di acara kek gini :D
    Krenyes2 gitu..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kletuk2 bawang merahnya mmng enak ya mel. meski after tastenya ga ngenakin, hihi

      Delete
  3. saya juga ngga pake bunga kol mak kalo bikin. eh itu ngga direbus dulu ya timun wortelnya,gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga papa mak. maaf telat reply (siwer sama komen yg masuk)

      Delete
  4. Wah wah sedep juga nih Acar. Saya taunya kalau beli MARTABAK TELOR pasti ada cabe cabe, dan juga acar nya. Heihiehie. Sekarang dengan resep ini jadi bisa buat sendiri heiheihiehiehiehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo beli kan cuma dapet sedikit. bikin sendiri jadi dapat banyak pak :D

      Delete
  5. Acarnya segeerr mak..aku suka acar..tapi belum pernah bikin sendiri ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo coba bikin sendiri...biar dapet banyak :D

      Delete
  6. Wah, steril & perkara sendok ini baru tau. Makasih infonya mak :))

    ReplyDelete
  7. Aku suka acar...dan..ehm...melihat, gambar-gambarnya yang menggoda ... saya jadi pengen makannya nih Mak, hehe

    ReplyDelete
  8. Waduh kok ngiler yah. Martabak telornya mana? XD
    *dilempar acar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi giliran aku yg tetiba pengen martabak telor hahaha

      Delete
  9. biasanya saya suka kasih nanas. Kalau gak ada baru kasih cuka, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jarang beli nanas. males ngupasnya. kalo beli n dikupasin, satu buah kebanyakan :D

      Delete
  10. nah acar yg enak itu emg yg rasa asam dan manisnya pas ya mba... srg tuh coba di resto2, acarnya hambar tok. sebel aku...enakan kemna2 yg dibikin mamaku -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. buatan mama emang selalu the best ya mak

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^