Tuesday, July 15, 2014

Urap Daun Kencur



Halo, hai! Selamat menjalankan ibadah puasa ^_^


  Dalam rangka ikut hajatan Giveaway Mbak Diah Didi, saya jadi ngubek-ngubek foto lama. Kebetulan ada resep yang belum sempat diposting di blog ini. Resepnya boleh nyontek dari www.diahdidi.com, blog resep masakan yang sarat dengan foto-foto mengundang selera itu. Jadi cocok, deh. Sambil bikin postingan sambil ikut giveaway. Plus jadi terpaksa update blog kan, hehe.

  Resep aslinya berjudul Gudangan... atau Urap Sayuran Matang. Berhubung saya lagi males merebus beraneka macam sayuran, saya bikin urap daun kencur saja. Kebetulan urap daun kencur ini memang favorit Bapa dan Eyang.

    Agak sulit mencari daun kencur muda yang biasa dibikin urap ini. Saya sampai berkeliling komplek, hinggap dari tukang sayur yang satu ke tukang sayur yang lain. Hap! Tidak ada! Baru beberapa hari kemudian, saya tidak sengaja bertemu si daun kencur ini di tukang sayur yang letaknya lumayan jauh dari rumah. Tanpa pikir panjang, langsung saja saya putuskan untuk bikin urap daun kencur segera.

  Buat teman-teman yang belum tahu seperti apa penampakan daun kencur, bisa dilihat pada foto berikut:

Daun kencur muda
Nah, sudah tahu kan? Mari masak!


Bahan-bahan:
  • daun kencur muda 4 ikat
  • kelapa muda parut dari 1 butir kelapa ukuran kecil

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah besar (bisa diganti dengan cabe keriting)
  • cabe rawit jika ingin lebih pedas
  • 1 cm kencur
  • garam secukupnya
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 4 lembar daun jeruk (dibuang tulangnya)


Saya mengubah takaran bahan dari resep aslinya. Yaitu: 
  • Mengganti cabe merah kriting dengan cabe merah besar agar tidak terlalu pedas. 
  • Mengurangi jumlah kencur dari 3 cm menjadi 1 cm saja. Supaya tidak terlalu 'keblenger' karena sayur yang saya pakai kan daun kencur muda. Nanti dobel rasa kencurnya.
  • Menambahkan sedikit takaran gula merah. Kenapa? Karena saya manis #eaaa 

Cara membuat:
  1. Cuci bersih daun kencur. Potong-potong kecil. Rebus sampai matang. Tiriskan.
  2. Campur kelapa parut dan bumbu halus. Kukus selama 25 menit hingga matang. 
  3. Campur daun kencur dengan bumbu yang telah dikukus. Sajikan hangat.
  Sebenarnya, saya tidak suka makan sayur. Makan urap juga nggak terlalu suka. Eh tapi...sejak nyoba bikin urap sendiri, kok saya malah jadi ketagihan! Saya makan sampai nambah lagi dan lagi... hehehe. Apalagi makan urapnya ditemani nasi hangat dan kerupuk. Hmmm... yummy!

  Bumbu urap yang mantap! Dalam sekejap, urap daun kencur ini sudah ludes oleh kami bertiga. Yuk, coba bikin. Cara masaknya gampang dan nggak ribet  ^_^


Tips: 
  • Jika ingin lebih wangi, bumbu urap dibungkus dulu dengan daun pisang saat dikukus.


17 comments:

  1. Hmm, selama ini aku taunya tinggal makan aja mak, dan emang beneran enak ya urab tuh :D
    cuma kalo kencurnya dimakan geluntungan, agaak gimana gt rasanya hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kencur mudanya diiris, Ran. Enak, lhoo... pas digigit bunyi kruk kruk gitu :)

      Delete
  2. Saya suka urappppp...tp blm pernh nyobain yg daun kencur :)

    ReplyDelete
  3. ini salah satu kuliner kesukaanku.....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  4. daun kencurnya kyknya susah nyarinya mak..padahal memikat sekali... sy suka juga urapan apalagi klo adai irisan kencurnya...saya juga suka lalapin kencur mudanya mak... enak di perut...hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Ophi, nyarinya memang susah. Pesen ama tukang sayur juga suka dibilangin lagi ga ada.
      Betul, enak di perut jadi hangat ^_^

      Delete
  5. aku suka banget urap mak, tapi daun kencur ya baru kali ini liat. kudet :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun kencur muda ini emang langka. Mak Muna nggak kudet kok :D

      Delete
  6. saya suka urap, tapi blm pernah nyobain daun kencur. Bahkan daunnya aja baru saya lihat di postingan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain, Mak..enak lho.
      Daun kencur ini memang rada langka di tukang sayur. Pesen aja sama tukang sayurnya, biar dibawain kalo ada :)

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. saya suka kencur, tapi kalo urab daun kencur, saya belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mak..
    enak banget ni mak kayaknya.. saya blm pernah makan urap daun kencur, tapi saya suka kencur.. kalau bikin sambel suka pake kencur.. Oya btw selamat ya mak atas lounching blognya, saya malah food blogger newbie mak, boleh main2 ke blog saya mak http://mahes-familydiary.blogspot.ae/

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak pake banget, hehe.
      salam kenal kembali, mak maya.
      makasih yaa. kalo sayah mah food blogger abal-abal ga jelas gitu, hehehe. maklum, postingannya ga secetar membahana para food blogger pada umumnya ^_^
      ok, segera berkunjung balik

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^