Wednesday, December 11, 2013

Mie Gelosor



Pertama kali melihat makanan ini dan mendengar kata 'mie gelosor' diucapkan oleh almarhum Mamah mertua, yang terlintas di kepala saya adalah mie yang licin seolah bisa serodotan. Gelosor...gelosor... mungkin seperti itu. Setelah dicicipi, rasanya enak. Tekstur mie yang licin karena terbuat dari sagu ini membuat mie gelosor mudah untuk ditelan. Tinggal slep!

Mie gelosor menjadi makanan favorit untuk berbuka puasa bagi warga Bogor. Tak heran, selama bulan Ramadhan, mi gelosor siap masak yang dikemas dalam bungkusan plastik banyak dijajakan di tukang sayur. Di pasar kaget Ramadhan yang biasa digelar pada sore hari di pelataran mesjid atau tempat umum, mi gelosor yang sudah dibumbui dan diberi pelengkap sayuran banyak dijual untuk langsung disantap sebagai takjil buka puasa.

Mie gelosor yang dibeli dari tukang sayur

Nah, pada bulan Ramadhan kemarin, saya mencoba membuat sendiri mie gelosor di rumah. Saya memang tidak tahu caranya. Kebetulan, Bibik asisten yang membantu saya di rumah adalah orang asli Bogor. Jadi, saya meminta Bibik meracik bumbu dan memasaknya. Saya hanya jadi pengamat dan tukang potret (juga tukang makan) saja ^_^

Berikut resep mie gelosor versi Bibik di rumah...

Bahan dan bumbu:
Bahan-bahan untuk membuat mie gelosor
  • 2 bungkus mie gelosor
  • kol secukupnya
  • 3 batang sawi
  • 2 batang bawang daun
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Bumbu halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri (lupa difoto)
Sambal kacang:
  • semangkuk kecil kacang tanah
  • 1 buah cabai merah besar
  • 7 buah cabai rawit kecil
  • Kencur secukupnya
Cara membuat mie gelosor:
  1. Cuci mie gelosor dengan air matang. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. 
  3. Masukkan sayuran, tumis sampai layu.
  4. Masukkan mie gelosor, aduk rata. Masak hingga matang.
Cara membuat sambal kacang:
  1. Goreng kacang tanah. Tumbuk halus.
  2. Tumbuk halus cabai dan kencur dengan garam secukupnya. Campur dengan kacang tanah halus. Aduk rata. Sambal kacang siap disajikan.
Taraa! Mie gelosor siap disantap! Mari bergelosor ^_^


Keterangan tambahan:
  • Mie gelosor biasa 'keluar' pada bulan Ramadhan saja. Selain bulan puasa, mie gelosor siap masak jarang ditemui bahkan tidak ada di tukang sayur sekitar rumah saya. Kata Bibik, kalau mau mie gelosor selain di bulan puasa, bahan mie bisa dicari di pasar Bogor.
  • Untuk sambal kacang bisa ditambahkan cabai lebih banyak jika ingin lebih pedas.
  • Cuka juga bisa ditambahkan pada sambal kacang. Saya sengaja tidak memakai cuka karena khawatir lambung perih karena mie disantap saat berbuka puasa.

36 comments:

  1. Slurp :D

    Kayanya enak banget itu, Mak :D

    ReplyDelete
  2. sedeppp mbk,,,enak nih kayaknya ^^

    ReplyDelete
  3. Saya suka mie glosor, enak banget mak.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nyoba pasti pengen lagi ya, Mak :)

      Delete
  4. bahannya mi basah ya mak,,ato emang bahan mie nya namanya mi gelosor,,cm ada di bogor yaa,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mienya dibuat dr tepung kanji, jd terlihat mengkilat n licin. Iya, Bunda Aisykha, cuma ada di Bogor aja kayaknya :)

      Delete
  5. mie gelosor kayaknya enaaaak niiih "D...kalau mau beli di pasar bilangnya apa hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bilangnya teuteup mie gelosor, hehe

      Delete
  6. baru tau ada yang namanya mie gelosor.. enak banget kayanya dimakan pake sambal kacang, nyammmm... bikinnya mirip2 kaya bikin mie goreng ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie gelosor itu makanan khas bulan puasa yg populer di Bogor. Selain bulan puasa jg ada, tp jarang.
      Iya, bikinnya sama aja kayak mi goreng, Mak Riana :)

      Delete
  7. wah blognya baru ya mak? hihi... unguisme..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Susan. Yg ini dibikin ungu :)

      Delete
  8. Mak, saya suka banget mie gelosor, walo mecinnya berasa banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya yah baru nyadar saya... ternyata gurihnya dari situ ya, Mak Sary. Untung bikin sendiri. Kalo beli jadi, ga kebayang mecinnya jd dobel sama di bumbunya

      Delete
  9. Enak banget, mak. Bumbunya pun sederhana. kalau tanpa kemiri tetap enak kan ya mbak? saya jarang punya kemiri. Anak-anak saya tidak suka makanan yang banyak bumbu, sih. Tiap hari variasi masakannya yg berbumbu sangat simple. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa kemiri jg enak, Mak Susi. Jadi kayak bikin mi goreng biasa.
      Sy pake kemiri krna ngikutin resepnya Bibik aja :)

      Delete
  10. Mie ini memang identik dengan makanan buka puasa. Yg enak itu, sambel kacangnya ga terlalu kental dan ada rasa asem2 cukanya gituuu
    Ajib pokona mah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mak Ratna. Saya juga suka bumbu kacang yg tidak terlalu kental. Oia, tentang cuka, saya ga pakai cuka krna lambung saya nggak kuat asem. Sudah saya beri tambahan keterangan di akhir tulisan. Makasih udah ngingetin ^_^

      Delete
  11. wah sepertinya enak.. tapi mi gelosornya emang selalu ada ya ditukang sayur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaak, coba deh :)
      Mi gelosor ada di tukang sayur. Udah siap olah gitu. Jangan lupa dicuci air matang dgn ditiriskan dulu sebelum dimasak, ya. Kalau bulan puasa mudah ditemui di tukang sayur keliling di Bogor. Tapi kalau bukan bulan puasa agak jarang. Malah di tempat saya nggak ada yg jual. Katanya sih, kalau mau cari mo gelosor selain di bulan puasa, bisa cari ke pasar tradisional.

      Delete
  12. mie ini semacam mie kuning, ya, Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayak mie kuning tapi lebih mengkilap dan licin krna terbuat dari tepung kanji, Mak

      Delete
  13. Itu kaya mi telor gitu ya mak?tapu lebih lembut teksturnya ya...
    Duuuhh..magrrib kapan ini... lapeeerrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga mak. Mie-nya licin n mengkilat.
      Aduhh...ini jg lg nunggu magrib :D

      Delete
  14. wahhh makanan ini mirip ama mie kuning kuah kacang di medan :D... Tapi mienya aja mungkin yg beda ya mba.... wiihh kgn aku mkn ini... di jkt jrg ada..emg hrs bikin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih samaan ya :)
      coba kalo kepingin, cari bahannya di bogor mbak ^_^

      Delete
  15. Klo di tmpatku mirip mi pentil mb....tp ukurannya lebih gede. Di sini disebut mie pentil krn ukurannya besar2..mirip pentil/karet yang ditaruh di ban itu lho...

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^