Wednesday, October 9, 2013

Kerang Rebus dan Saus Kacang Praktis


Awal pindah ke Bogor, di rumah jarang bikin masakan dari seafood. Bapa bilang, laut Jakarta kurang bagus, takut tercemar. Berbeda waktu kami masih tinggal di Makassar dengan hasil laut yang segar dan melimpah, kami jadi sering makan seafood. Tinggal di Bogor yang jauh dari laut, memang harus bertanya dulu dari mana asal bahan seafood yang dijual di tukang sayur. Setelah menemukan tukang sayur yang mendapatkan bahan seafood dari pantai Pelabuhan Ratu, saya tidak ragu lagi untuk masak seafood. 

  Hari ini saya kepincut dengan 2 bungkus kerang hidup yang masih segar di warung sayur dekat rumah. Mulanya saya tidak niat membeli. Saya hanya meminta agar ibu pemilik warung untuk membuka plastik berisi kerang hidup tersebut. Kasihan, nanti mereka nggak bisa napas! Saya kemudian membantu merobek plastiknya. Gara-gara menyentuh plastik kerang, saya jadi kabita pengen kerang rebus. Ya sudah, saya borong saja setelah dirayu si ibu warung yang mau kasih diskon *dasar emak-emak, doyannya diskon*

  Sampai di rumah, semua kerang saya cuci di air mengalir. Lalu saya taruh dalam baskom. Saya biarkan Dd Irsyad bermain dengan kerang-kerang itu. Sambil tetap diawasi, takut ada kerang yang menjepit tangannya. Tapi nggak bakalan ngejepit kok. Biasanya kerang ini hewan yang pemalu, ketika sedang membuka cangkangnya dia akan buru-buru menutup lagi saat tersentuh. Nah, Dd suka banget lihat kerang yang pada mangap ini. Sengaja dia colek satu-satu supaya mingkem. Tidak langsung disentuh tangan, biasanya saya kasih sendok atau capitan besi. Ini saya kasih sikat gigi sekalian Dd mau bantu membersihkan kerang. Yang repot adalah kalau kerangnya pas lagi mingkem semua, maka Dd akan ngomel2 nyuruh kerangnya mangap, hehehe

Kiri: Dd Irsyad gangguin kerang yang mangap
Kanan: Dd nyuci kerang. Mandi mandiii!

Sudah ah, cerita pembukanya. Kapan masaknyaa??? Mau masak juga harus membujuk rayu Dd dulu supaya saya boleh nyemplungin kerang-kerang ke panci. Soalnya Dd anteng banget main kerang, sampai nggak boleh dimasak, hihihi.

Bahan:
Bumbu untuk merebus kerang
  • 1 kg kerang darah segar
  • 4 butir bawang putih, jangan dikupas, cuci, geprek
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1, 5 cm jahe, geprek
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • garam secukupnya
  • air untuk merebus
  
Sambal kacang dan nanas (aduk rata): 
  • 150 gr kacang tanah goreng, tumbuk halus
  • 1 butir bawang putih, tumbuk halus
  • 2 buah cabai merah besar, goreng, tumbuk halus
  • garam secukupnya
  • air matang secukupnya
  • nanas parut secukupnya
Cara membuat: 
  1. Cuci bersih kerang dengan sikat gigi bekas di bawah air mengalir, sisihkan.
  2. Didihkan air bersama dengan bawang putih, sereh, dan jahe. 
  3. Masukkan kerang ke dalam air rebusan. Masak selama 15 menit. Angkat. Tiriskan.
  4. Bumbu untuk kerang rebus
  5. Sajikan bersama sambal kacang dan nanas.
Kerang yang sudah matang dan belum dibuka 

  Sebagai pelengkap, paling enak bikin sambal kacang dan nanas seperti yang biasa disajikan di warung tenda seafood. Apa daya, di dapur saya juga sedang riweuh masak hidangan keluarga yang lain. Plus mengasuh Dd pula. Kayaknya nggak kepegang kalau saya harus ketuwelan juga bikin sambal kacang dan nanas. Jadi, saya ambil yang praktis saja, bikin sambal kacang-nanas dan saus sambal sebagai berikut:
  1. Sambal kacang: kebetulan masih ada sisa bumbu kacang dari siomay yang saya beli kemarin (ditaruh di kulkas). Bumbu kacang itu mau saya panaskan saja dan ditambahkan sedikit cabe untuk jadi sambal kacang.
  2. Sambal nanas: sepotong buah nanas (dari abang penjual rujak), diparut. 
  3. Saus sambal botolan. Untuk Kk dan Dd cukup pakai saus tomat saja.
  4. Tata ketiga sambal di atas piring kecil. Biasanya nanti yang makan akan mencampur sambalnya sendiri :p
Jeng jreeng! Beginilah penampakan saus kacang praktisnya :)

13 comments:

  1. mak mau nanya aku rada parno sama kerang, karena dulu pernah makan dan ternyata yg dalamnya masih berair, aku ga bisa nelen, sukanya kerang yang emang matang kering apalagi dipedesin. Apa ada jenis2 kerang tertentu ya yg memang berair

    ReplyDelete
  2. Yg dimakan kerang mentah apa mateng, Mak? Aq blm pernah makan kerang mentah. Kalo kerang mateng, sehabis direbus pas dibuka mmng ada airnya, tapi itu air rebusan yg ngerembes ke dlm kerang.

    Jenis kerang yg pernah aq masak n makan sendiri baru kerang darah (yg dimasak skr ini) n kerang hijau. Jenis kerang lain aq kurang paham, maapken.

    Aq ga berani coba jenis kerang yg laen, takut alergi.Ini suami baru mau makan kerang lg stl aq bilang bukan dr pantai tanjung priok. Kerang itu bs nyerap polusi laut, jadi sebaiknya pilih kerang dari laut yang aman dari polusi.

    Iyah, kerang yg dipedesin enak tuh, Mak. Sayang yg doyan di rumah cm aq sendiri *gak ada temennya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang berair yg aku ceritain kerang mateng kok mak, yg dicampur di kwetiaw, nah pernah makan juga sate kerang di daerah lumajang, kasusnya sama, di gigit crot deuhhh semulut berasa anyirnya. Nah kalo beli yang dipedesin itu ga begitu ga crot hahaha

      Delete
    2. Oo..kirain lg uji nyali, Mak..makan kerang mentah :p

      Iya, semua kerang pasti juicy, Mak..jd digigit ada aernya dikit. Etapi kok aq ga ngerasa ada airnya ya, kalo makan kerang maen telen ajah, hehee

      Nah kalo dipedesin 'mak crot'-nya kalah ama bumbu cabenya jd ga kerasa kali ya, Mak :D

      Delete
  3. Heuuhh.. kabitaaaaa juga iniih.. etapi bener mak soal laut jakarta, aku jadi males beli kerang.. kalo ikan emang kurang suka sih ;) kecuali pas mudik ke lampung disana banyak seafood seger.. apalagi yg masak emakku. rakus deh aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mamam kerang maak :D
      Iya, Mak. Suamiku bilang tanya dulu asal kerangnya dari mana. Takut dr laut yg berpolusi :(
      Wii asyiiknyaa kalo pulkam dimasakin seafood ^_^

      Delete
  4. mak pulang ngajar dri depok biasanya aku lewatin ps kramat jati klo magrib kerang,kepiting dll baru pada dateng jadi masih fresh, belum kesampean pulang ngampus beli seafood soalnya udah keburu kemalam sampe rumah ehehhe :D

    ReplyDelete
  5. Aduduu asyik banget...
    Kalo aq udah pasti ga tahan ngeliat seafood seger2, ngiler duluan :D

    ReplyDelete
  6. lupa melulu mbak klo habis pulang ngajar buat belanja seafood di ps kramat jati xixixiii soalnya "supirnya" ngajakin pulang lewat tol cibubur hehehe, menghindari macet ibukota :D

    ReplyDelete
  7. set dah... makanan favorit saya ini maaaak :D

    Kalo saya, biasanya di masak gulai pindang mak, kalo nggak yah disambel pake nanas tp nggak pedes..

    Slurp.. malem-malem bikin ngiler aja liatnya mak :p

    ReplyDelete
  8. Cocok dimakan malem2, Mak...hehehe
    Pengen nyoba euy, makan kerang dimacem2in gitu, mak... takut yg lain pada ga doyan, sukanya direbus aja.
    Kalo ga dimakan, aku kewalahan ngabisinnya sendirian. Ntar bantuin ngabisin yak ^_^

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^