Saturday, September 28, 2013

Udang Goreng Tepung



Selamat berakhir pekan! Postingan hari ke 28 dari #30hariberbagiresep, kita bikin yang gampang saja dan anak-anak pasti suka. Bikinnya nggak lama, kok. Yang membuat lama cuma ngeberesin tepung yang berantakan di dapur karena si bungsu Dd Irsyad ikut membantu, hehe. Saya hanya membuat udang yang dibalut tepung sedikit saja. Udang yang lain sengaja dibikin udang bakar. Selera penghuni rumah berbeda-beda. Anak-anak lebih suka udang tepung, para orang dewasanya suka udang bakar. Ya sudah, bikin dua versi masakan udang. Pokoknya hari ini sekeluarga makan udang ^_^




Dd Irsyad bersiap membantu
Bahan:

  • 250 gr udang berukuran besar
  • tepung bumbu siap pakai (takaran dikira-kira sendiri, ya)
  • 1 sdt tepung terigu
  • air es secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
Udang siap diolah
Cara membuat:
  1. Cuci bersih udang. Kupas dan sisakan bagian ekor. Kerat sedikit bagian punggung udang sambil mengeluarkan kotorannya. Lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit tepung bumbu siap pakai. Diamkan selama 30 menit.
  2. Campurkan tepung bumbu dan tepung terigu, aduk rata. Lumuri udang dengan campuran tepung. Celup sebentar ke dalam air es. Lumuri kembali dengan tepung.
  3. Ulangi langkah ke 2 sampai ketebalan tepung yang diinginkan.
  4. Panaskan minyak. Goreng udang hingga matang kecoklatan.
  5. Angkat. Sajikan dengan saus sambal botolan.

2 comments:

  1. Horeee Mak, bentar lagi selesai ya tantangannya. Saya ga konsisten masak, jd ga ikutan XD. Udang ditepungin gini enaknya dicemil ya.

    ReplyDelete
  2. Horee alhamdulillah bentar lagi beres :D

    Saya jg ga konsisten masak, Mak Leyla. Beberapa hari sempat libur karena riweuh. Untung masih ada stok foto2 masakan yg bisa dipublish :)

    Udang ditepungin enak dicemil, Mak. Tapi saya mah sayang nyemil udang, harganya lumayan soalnya *emakhemat*eh*apapelit* ^_^

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^