Sunday, September 1, 2013

Stik Sosis Goreng


   Saya tertarik untuk mengikuti tantangan #30hariberbagiresep yang diadakan oleh Mbak Nita Sellya. Enggak pede juga, tapi tetap nekad ikutan. Gimana enggak pede, mau buka laptop saja harus mencuri waktu dulu. Namanya juga emak riweuh. Yah, saya coba saja. Semoga saya bisa. Bismillah...


  Libur lebaran kemarin, anak-anak suka membantu saya memasak di dapur. Belum kembalinya si Bibik dari kampung membuat saya sedikit kerepotan membagi waktu antara membereskan rumah, memasak, dan mengurus tiga anak laki-laki plus Eyang yang sudah sepuh. Sebenarnya, tanpa disuruh anak-anak suka juga membantu saya memasak di dapur. Terutama masakan kesukaan mereka. Oh iya, ada lagi. Mereka suka membantu membuat masakan yang proses pembuatannya menyenangkan bagi anak-anak. Misalnya, memberi taburan dengan tepung, membentuk adonan, mengoles-oles, dan masih banyak lagi.

   Berikut ini adalah request dari Aa Dilshad, yaitu sosis yang digoreng tepung. Bahan-bahan dan cara membuatnya gampang banget, kok. Ajak anak-anak untuk ikut membantu membuat ini di dapur. Mereka pasti suka ^_^

Bahan:
  • sosis mentah rasa ayam atau sapi (saya pakai yang ayam), belah dua. tusuk dengan tusukan sate

  • 1 bungkus ukuran kecil tepung bumbu siap pakai. campur sedikit tepung terigu agar rasanya tidak terlalu asin
  • butir telur ayam, kocok lepas
Cara membuat: 
  1. Gulingkan sosis ke adonan tepung secara merata.
  2. Celupkan ke kocokan telur, lalu gulingka lagi ke adonan tepung.
  3. Goreng dalam minyak panas.
  4. Angkat. TIriskan. Sajikan dengan cocolan sambal botolan.
Mudah bukan? Selamat mencoba ^_^

7 comments:

  1. Wah,,gmpg bgt mak 😁 sayang aq ga doyan sosis. Ayam goreng tepung aja kali ya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kesukaan ma boyz, bosen digoreng biasa, nyoba ditepungin, eeh makin doyan :D
      hihi...toss..ayam goreng tepung kita juga suka ^_^

      Delete
  2. Yang begini ini bisa ludes sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyah betul, bun. ini juga bikinnya bareng anak2, trus 'gentayangan' ga sabar nunggu mateng :D

      Delete
  3. Ini kayak jajanan anak-anak yang biasa dijual di luar sekolah. Tapi kalo bikin sendiri kayaknya lebih aman ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sosis goreng jajanan sekolah rada ngeri, mbak. Kualitas sosisnya diragukan kesegarannya. Karna lama ga dari kulkas, kadang suka agak bau gitu, hiii...
      Iya, bikin sndiri lebih aman n terjamin sehatnya ^_^

      Delete
  4. Huwaaaah, jadi laper mbak.
    Aku buat ah buat teman2 di kampus. Mudah banget buat yang buru2 ke kampus. Hehe..

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^