Wednesday, September 25, 2013

Sayur Godog Labu Siam


Sayur godog labu siam menjadi menu wajib saat Lebaran. Saya biasa membuatnya dalam panci besar dan kuah banyak. Sengaja bikin banyak supaya semua kebagian sayur godog sebagai teman makan ketupat ini. Postingan hari ke 25 dari #30hariberbagiresep kali ini saya tulis resep sayur godog saja, ya. Hari ini saya tidak sempat memasak karena akan menjemput Eyang pulang dari rumah sakit. Foto masakan yang sebenarnya sesuai resep juga tidak ada. Ini juga ngetiknya di rumah sakit, sambil menunggu berkas selesai diproses :)
  Oia, tambahan setelah baca kolom komentar. Mohon maaf, foto yang saya gunakan di atas adalah foto lama, yaitu foto sayur godog saat Lebaran. Tampak dalam foto saya memakai panci presto (hanya ini panci besar yang saya punya) untuk memasak sayur godog. Porsi yang saya masak juga memakai bahan lebih banyak. Sedangkan resep yang saya tulis adalah resep sayur godog untuk menu keluarga sehari-hari (porsi hanya sepanci kecil).

Bahan:
  • 1 buah labu siam ukuran besar
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang sereh, ikat dan geprek
  • 2 lembar daun salam
  • minyak untuk menumis
  • bawang merah goreng (sesuai selera)
Bumbu halus:
  • 4 bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 3 buah cabe merah (bisa dibuang biji supaya tidak pedas untuk anak-anak)
  • ketumbar bubuk secukupnya
  • 3 butir kemiri 
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Cuci labu siam. Sebelum dikupas, potong buah 1 cm dari ujungnya yang lancip. Gosok-gosok potongan dan buah labu siam hingga keluar getah busa. Cuci bersih,kupas, buang bagian tengahnya. 
  2. Potong labu siam berbentuk korek api. Ambil sedikit garam, remas perlahan sebentar. Cuci bersih kembali. Proses ini gunanya untuk menghilangkan getah dan membuat labu siam agak layu sebelum diolah.
  3. Tuangkan minyak goreng ke dalam panci. Tumis bumbu hingga harum.
  4. Masukkan labu. aduk rata. Tambahkan santan kental. Masak sebentar.
  5. Tuang sisa santan, masak hingga sayur godog matang.
  6. Angkat. Sajikan bersama nasi, ketupat atau lontong.
  7. Taburi bawang merah goreng jika suka.
Keterangan:
  • Selain sayur godog labu siam untuk menu Lebaran, sayur godog pepaya muda juga tidak kalah nikmat. Saya lebih sering memakai labu siam karena agak sulit mencari pepaya muda.
  • Jika menggunakan pepaya muda, untuk mengiris buahnya yang keras bisa dengan cara dicacah-cacah. Mungkin bisa juga menggunakan alat pemotong yang seperti parutan, saya belum pernah coba kerena tidak punya alatnya :p
  • Jika suka, bisa digunakan bumbu instan untuk menambah gurih. Bumbu instan juga bisa membuat warna kuah sayur godog menjadi lebih merah. Bumbu instan dalam kemasan yang cocok digunakan untuk sayur godog ini adalah bumbu instan sambal goreng hati. Emang nyambung? Nyabung kok. Coba deh :)

8 comments:

  1. kalo di rumah saya, biasanya bukan pake labu siam mba, tapi pake pepaya mentah. tapi labu siam pake ketupat juga sama nikmatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak santi, bisa pake pepaya juga. namanya jadi sayur godog pepaya. saya sering pake labu siam soalnya susah nyari pepaya muda di tukang sayur

      Delete
  2. Itu kuahnya merah banget padahal cabenya cuma tiga yaa

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk komentarnya, Mak Nurul Noe. Postingannya sudah saya perbaiki :) Lain kali ga nulis buru2 lagi deh, hehee

    Foto yang saya pakai itu foto lama waktu masak sayur godog pas lebaran (pake panci gede), bahan n takaran bumbunya lebih banyak. Resep yg ditulis ini resep sayur godog u sehari-hari (cuma 1 panci kecil). Ga sempet difoto :(

    Oia, warna merah banget yg keliatan di foto krna pake cabenya lebih banyak (kan resep sayur godog lebaran yg pake cabe lebih bnyk). Plus, jd merah bngt krn pengaruh bumbu instan sambel goreng ati yg sy pakai :)

    ReplyDelete
  4. wahhh....pagi-pagi liat postingan makanan ini jadi laper hawane dehh... enak kayaknya yah mak :) boleh gak anter kesini...hihi

    ReplyDelete
  5. Enak, Mak...cocok buat sarapan. Tambahin ketupat atau lontong *kirimvirtual* :D

    ReplyDelete
  6. Mak, aku td masak sayur ini. Tapi putih kuahnya karena ga pake cabe. Enak jugaaaaaak. Terus karena labunya cuma ada separo, jd aku masukin wortel. Jadi cantik warnanya. ^_^

    Makasih ya Mak. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah berarti dapet warna cantik dari wortelnya yaa
      masama mak isti :)

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^