Monday, September 23, 2013

Bakso Kotak


Postingan hari ke 23 dari #30hariberbagiresep adalah bakso kuah yang menggunakan bakso berbentuk kotak. Resep ini terakhir saya buat waktu tinggal di Makassar. Bakso kotak bisa dibeli di supermarket setempat. Sekarang, setelah pindah, saya kurang tahu bisa membeli bakso kotak di mana. Jadi, jika bakso kotak tidak ada, ganti dengan bakso biasa saja, ya. 

  Bakso memang enak, ya. Sering jajan bakso? Coba sekali-kali bikin sendriri di rumah. Lebih bagus lagi jika bisa membuat bakso sendiri. Kalau saya sih masih sering kumat malasnya, hihi. Jika membuat bakso sendiri, bentuk bakso bisa dibuat berbentuk kotak atau bentuk lain sesuai selera. Seperti bentuk segitiga, cincin, kepala kucing, atau bentuk lucu lainnya yang disukai anak-anak. Seru kan, bisa bikin bentuk bakso sesuai selera ^_^ 

Bahan:
  • 250 gr tulang sapi
  • 2 bungkus bakso kotak atau bakso bulat
  • 1 ikat sawi hijau
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri, ikat
  • bawang merah goreng
  • bawang putih, geprek kasar
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
  1. Didihkan air, rebus rebus tulang sapi sebentar. Buang airnya. Langkah ini digunakan untuk membuang kotoran dan serpihan tulang yang halus.
  2. Rebus kembali tulang hingga daging yang menempel di tulangnya menjadi empuk. Gunakan api kecil. Angkat buih dan kotoran yang mengapung dengan saringan.
  3. Tumis bawang putih, masukkan ke air rebusan tulang. Masukkan seledri.
  4. Bubuhkan garam, merica, dan kaldu bubuk. Masak sebentar hingga kuah harum.
  5. Masukkan bakso. Masak hingga bakso matang.
  6. Masukkan sawi dan daun bawang. Masak sebentar hingga daun layu. Matikan api.
  7. Angkat, sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng dan saus sambal botolan. Tambahkan pangsit goreng jika suka.

  Nah, seperti yang sudah saya bilang tadi, bakso kotak bisa diganti dengan bakso biasa. Inilah hasil masakan saya untuk makan malam hari ini. Kerena tidak kebagian tulang sapi di tukang sayur, saya terpaksa memakai kaldu bubuk khusus kuah bakso. Memang ada? Ada, dong! Bisa dicari di di tukang sayur atau minimarket. Oia, pakai kaldu bubuknya jangan terlalu banyak, ya. Secukupnya saja. 



  Bakso ini enak dimakan saat udara dingin sehabis hujan. Apalagi saya dan 2 boyz di rumah kondisinya sedang dilanda gejala flu. Makan bakso kuah, badan jadi hangat, kan ^_^

4 comments:

  1. saya baru tahu ada kaldu bubuk utk bakso. Di semua supermarket ada ya mba, pengen nyoba soalnya, saya kan, penggemar bakso hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kaldu bubuk untuk bakso memang ada, mbak santi. Saya pakai 'Knorr bumbu kuah bakso', warna kemasannya kuning dan hijau. Mulanya cuma ada di hipermarket. Tapi sekarang di tukang sayur dekat rumah saya jg ada :)

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^