Thursday, September 12, 2013

Ayam Krispi


Postingan hari ke 12 dari #30hariberbagiresep kali ini adalah resep ayam krispi alias ayam goreng tepung. Ini adalah makanan kesukaan 3 boyz. Hampir seminggu sekali saya selalu memasak ayam krispi. Kalau pas saya kesiangan nggak sempet hunting ayam, atau kebetulan tukang ayam yang lewat di depan rumah nggak 'kecegat', terpaksa saya beli ayam krispi yang sudah matang di depan komplek. Enak yang mana, buatan sendiri atau beli? Yang beli memang rasanya lebih enak. Tapi masakan di rumah jauh lebih sehat dan lebih hemat, bukan? Coba bikin ayam krispi sendiri, yuk!

 
Bahan:
  • 500 gr ayam, potong kecil
  • 1 bungkus tepung bumbu siap pakai
  • 2 sdm tepung terigu
  • air es
Cara membuat:
  1. Lumuri potongan ayam dengan 1 sdt tepung bumbu siap pakai. Diamkan selama 30 menit. Bisa juga didiamkan di kulkas semalaman agar bumbu lebih meresap.
  2. Campur tepung bumbu siap pakai dengan tepung terigu dalam baskom. Aduk rata.
  3. Masukkan ayam, aduk-aduk dengan dua tangan. Angkat, simpan di wadah yang kering atau piring plastik.
  4. Lakukan pada tiap potongan ayam: celupkan sebentar ke dalam air es, balur ke adonan tepung, aduk-aduk sambil sedikit dicubit-cubit (aww sakit! Hehe, ngga dong kan ayamnya sudah mati).
  5. Ulangi langkah di atas sampai ketebalan tepung yang diinginkan. Tambahkan tepung  lagi secukupnya.
  6. Panaskan api. Goreng ayam dalam api kecil hingga bagian dalam ayam matang dan kulit tepung menjadi renyah alias krispi.
  7. Sajikan ayam krispi bersama sambal botolan.

Ayam krispi dan sambal sachet dari Mc Donalds
Keterangan:
  • Saya menggunakan tepung bumbu siap pakai supaya praktis. Bumbu bawang putih halus, merica, dan garam biasa saya pakai jika saya tidak menggunakan tepung instan. Sedangkan tepung yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi (untuk membuat mie) dan sedikit campuran tepung beras.
  • Untuk potongan ayam yang besar, bisa dikerat atau dipotong tapi tidak putus. Misalnya bagian paha bawah. Supaya bagian dalam matang sempurna, saya potong tidak putus daging paha. Hasilnya jadi seperti terbagi tiga (yang tengah bagian tulang) dan bentuknya sedikit aneh, hehe. Yang penting matang, deh. Maklum, saya tidak punya alat masak canggih deep fryer untuk menggoreng itu ^_^
  • Saat menggoreng, usahakan ayam terendam minyak goreng. Gunakan minyak goreng yang baru. Jangan pakai minyak bekas menggoreng ikan asin ya, nanti bau dan ayamnya jadi rasa ikan asin :D
  • Saya mendapatkan resep ini hampir 12 tahun yang lalu, saat belum kenal sama Mbah Gugel dan bejibun resep di dunia maya. Resep ini bocoran dari seorang ibu penjual tepung bumbu ayam goreng yang tinggal di dekat rumah saya dulu di Banjarmasin. Tepung bumbu beliau biasa dibeli oleh para pedagang ayam goreng tepung yang berjualan di pinggir jalan. 
  • Oia,yang di foto sebenarnya tepung krispinya kurang tebal. Saya lagi malas mengadoninya lagi supaya tebal. Maapken, ya ^_^ Meskipun tidak setebal biasanya, tapi tetap krispi, kok *kriuk*

8 comments:

  1. suka banget kalau lgi malas masak, ya goreng ayam pake bumubu cepat saji, atau tempe crispi :D
    tinggal dicocol cabe aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tepung bumbunya praktis banget ya. takaran bumbunya udh pas juga.
      hmm tempe tepung sy jg suka bikin, enak, kriuk ^_^

      Delete
  2. Saya tak memakai tahap air es... hmmm... Sepertinya lebih mantap nih. coba aah.

    ReplyDelete
  3. kalo pake aer es bisa lebih kriuk ayamnya. dicoba, bunda niken ^_^

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^